10 Kelebihan Android Lollipop

android lollipop android lollipop

KINI makin banyak smartphone menggunakan sistem operasi Android Lollipop. Ia adalah penerus dari Android Kitkat. Apa saja kelebihan Android Lollipop?

Beberapa smartphone baru yang menggunakan sistem operasi Android Lollipop adalah Lenovo A7000, Mi 4i – 16GB, Infinix Note 2 X600 4G LTE , Xiaomi Redmi Note 4G LTE, dsb.

Lalu, apa keunggulan Android Lollipop dan fitur-fitur apa yang melekat padanya? Apa pentingnya Anda perlu memilih smartphone yang menggunakan sistem operasi Android Lollipop?

Dengan mengetahui semua itu, Anda bisa memilih smartphone yang tepat dengan kinerja mumpuni dan memuaskan. Mampu memenuhi apa yang Anda inginkan.

Android Lollipop: dari Kecepatan Loading hingga Hemat Baterai

Android Lollipop adalah versi stabil terbaru dari sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Ada dua versi yang dikembangkan saat ini, yaitu versi 5.0 dan 5.1.

Salah satu perubahan paling menonjol adalah user interface. Ia didesain ulang dan dibangun sebagai “material design”. Google juga membuat perubahan internal untuk platform.

Perubahan itu dimaksudkan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai.

Setidaknya ada 10 kelebihan dari Android Lollipop 5.0. Apa saja ke-10 kelebihan itu?

Pertama: Mirip dengan Apa yang Terdapat pada Kertas

Tampilan bahasa terbaru Android berbentuk grafis, mirip dengan hasil cetakan. Material desain tampil hampir sama dengan metafora material.

Ia menggunakan atribut taktil yang sangat familiar. Selain itu, ada pencahayaan yang sangat realistis untuk menghasilkan ruang rasionalisasi.

Kedua: Dirancang untuk Semua Layar

Android Lollipop ini dirancang untuk semua layar. Karena itu, ia bisa menyesuaikan dengan semua perangkat yang ada.

Bahkan, ia tidak hanya bisa digunakan di smartphone. Tetapi, juga laptop, tablet, jam tangan, peralatan eletronik rumah tangga, dan TV.

kelebihan android lollipop

kelebihan android lollipop

Ketiga: Notifikasi Pilihan Prioritas

Anda bisa menentukan prioritas pilihan dengan adanya fitur notifikasi terbaru.

Selain menampilkan prioritas pilihan, dengan fitur itu Anda juga bisa menyembunyikan semua pilihan yang tidak Anda prioritaskan.

Fitur ini bisa tampil di atas atau permukaan dari semua aplikasi yang Anda gunakan. Anda bisa melihatnya tanpa harus berpindah-pindah tampilan.

Keempat: Ada 64-bit ART Compiler

Ini adalah perubahan signifikan dan revolusioner pada sistem Android yang telah ada. Ini bisa menjadikan Android lebih efisien dan bisa menjadi cross-platform pada ARM, x86 dan MIPS.

ART compiler akan memberikan efek yang optimal pada sistem kerja memori dan aplikasi saat sedang loading.

Dengan ini, hasil kinerja perangkat ini bisa mencapai dua kali lebih cepat dari android sebelumnya.

Kini, juga telah tersedia smartphone Android dengan RAM 4GB. Tentu saja, ini membuat smartphone lebih mumpuni.

Kelima: Peningkatan Daya Tahan Baterai

Proyek Volta adalah alat baru yang bisa digunakan untuk mengontrol penggunaan sebuah aplikasi yang akan mempengaruhi daya tahan baterai.

Jika diketahui adanya penggunaan aplikasi yang bisa menguras daya baterai, maka aplikasi itu harus dihentikan.

Proyek ini juga bisa memberikan catatan rinci tentang penyebab daya baterai terkuras dan fitur apa yang membuat banyak daya baterai terkuras.

Ya, ia bisa menghemat baterai lebih lama dan signifikan.

Keenam: Context-aware Unlocking

Personal unlocking adalah rancangan terbaik yang dapat memperhitungkan perangkat Bluetooth saat ponsel atau tablet Anda terkoneksi pada lokasi pengguna.

Ketujuh: Memisahkan Work and Play

Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam bekerja dan bermain. Dengan fitur khusus, Android Lollipop juga memberikan kemudahan kepada Anda untuk bisa mengoperasikan perangkat dalam dua jenis penggunaan fungsi, yakni work and play atau ketika bekerja dan bermain.

Kedelapan: Peningkatan pada Google Search

Kemudahan lain adalah saat Anda menggunakan “penemuan kembali” atau Google Search. Anda bisa mendapatkan jawaban atas apa yang Anda cari dengan akurat dan sangat cepat.

Kesembilan: Tampilan Tatap Muka

Android adalah perangkat ponsel yang memiliki user interface. Yaitu, tampilan tatap muka yang sangat menarik sehingga pengguna lebih senang mengoperasikan ponsel Android.
Salah cirinya adalah tampilan tatap muka.

Di sini, Google mendesain secara khusus Android Lollipop dengan konsep material design. Ini membuat tampilan Android versi ini lebih modern dan mengikuti perkembangan teknologi masa kini.

Kesepuluh: Amankan Data Penting

Android Lollipop 5.0 juga melindungi data-data penting Anda dengan penggunaan enkripsi. Dengan perangkat ini, Anda tak perlu khawatir dengan data penting yang tersimpan di smartphone Android Anda. Data Anda akan aman dari tangan-tangan jahil seperti malware.

Kekurangan Android Lollipop 5.0

Apa kekurangan dari Android Lollipop 5.0? Ternyata, tidak semua gadget bisa update ke versi Android Lollipop 5.0.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi ini. Biarpun masih ada kekurangan, tapi kekurangannya hanya sedikit.

Tidak aneh jika smartphone menggunakan Android Lollipop menjadi tren. Hampir dapat dipastikan, semua smartphone baru menggunakan sistem operasi itu.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*