12 Cara Menghemat Baterai Laptop

baterai laptop

BERHEMAT adalah cara hidup terbaik yang selalu dianjurkan sejak dulu. Tetapi, bagaimana cara menghemat baterai laptop? Ini sangat penting. Selain membuat baterai awet, laptopnya juga bisa bertahan lebih lama.

Memelihara dan merawat sesuatu sesungguhnya merupakan perbuatan yang tidak selamanya berat. Bahkan, banyak hal sepele. Tetapi, jika itu tidak dilakukan akan membuat suatu produk cepat rusak dan aus.

Jika produk yang rusak berharga murah, tak masalah. Tetapi, jika itu produk mahal, wooww.. Anda akan menderita kerugian besar.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memelihara laptop agar mampu bertahan lama adalah menghemat baterai. Ya, benar, menghemat baterai laptop.

Memangnya bisa baterai dibuat awet?

Tentu saja bisa. Yang penting Anda harus melakukannya secara rutin atau berkala. Terserah Anda. Anda bisa memilih cara terbaik untuk itu.

Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai. Ya, semua bisa dilakukan untuk mencapai hasil maksimal sehingga baterai laptop Anda bisa bertahan lama.

keyboard laptopSAPU: gunakan sapu yang lembut untuk membersihkan keyboard laptop

12 Cara untuk Menghemat Baterai Laptop

Dengan kemajuan teknologi, laptop sekarang telah dilengkapi dengan beberapa mode pengaturan sehingga sangat membantu para pengguna, termasuk Anda.

Salah satunya adalah mode penghemat baterai (battery saver). Anda tinggal mengaktifkan mode itu sehingga mengubah settingan.

Setelah mode diaktifkan, otomatis layar laptop akan meredup dan membuat aplikasi yang tidak terpakai mati, sekaligus mengatur performa mesin. Dengan ini, laptop tidak menyedot daya baterai yang terlalu besar. Atau dengan kata lain, ia akan hemat daya baterai.

Meskipun demikian, masih ada beberapa cara menghemat baterai laptop yang harus Anda lakukan secara manual supaya baterai Anda mampu bertahan lama (awet). Ke-11 cara itu adalah:

1. Lepas Perangkat yang Tak Terpakai

Anda sebaiknya melepas perangkat yang tidak terpakai. Sebab, perangkat itu bisa membuat konsumsi baterai boros.

Misalnya, mouse, printer, flashdisk, bluetooth, dsb. Banyak orang tak memperhatikan hal ini. Seolah ia adalah hal sepele. Padahal, pengaruhnya terhadap penggunaan baterai cukup besar. Bisa membuat baterai boros.

2. Layar Laptop Jangan terlalu Cerah

Layar laptop yang terlalu terang juga membuat penggunaan baterai boros. Demikian pula keyboard, Anda harus mengaturnya sedemikian rupa sehingga baterai tidak boros.

Layar jangan terlalu terang atau cerah. Sebaiknya pada level 3 atau 4. Mata Anda juga akan sehat dengan layar yang tidak terlalu terang.

3. Volume Pengeras Suara Sedang

Penggunaan speaker yang terlalu keras juga menambah konsumsi baterai laptop. Jika berlebih, bisa membuat baterai boros. Karena itu, suara speaker sebaiknya sedang saja. Jangan terlalu keras.

pengeras suaraAPLIKASI SUARA: bisa untuk meningkatkan kualitas pengeras suara laptop

4. Batasi Penggunaan Berbagai Aplikasi

Anda sebaiknya membatasi penggunaan aplikasi. Misalnya, Anda berselancar di internet sambil mendengarkan lagu. Ini membuat daya baterai Anda cepat turun karena pemakaian baterai boros.

Ya, Anda sebaiknya mematikan aplikasi atau fitur yang tidak terpakai. Biar hemat daya dan baterai laptop tak cepat habis. Sebaliknya, baterai mampu bertahan lama (tidak boros).

5. Hindari Pengguaan WiFi dan Streaming Media

Jangan menghidupkan fitur WiFi dan streaming media. Mengapa? Karena aplikasi ini memakan cukup banyak daya sehingga baterai laptop cepat habis.

6. Putuskan Koneksi Internet jika Tak Dipakai

Lepaskan koneksi dengan internet jika Anda tak memerlukan lagi. Anda cukup bekerja menggunakan aplikasi yang tidak memerlukan koneksi internet.

7. Membersihkan Laptop secara Teratur

Debu selalu ada di mana-mana. Banyak beterbangan di sekitar kita. Tetapi, karena begitu lembut, mata kita tak melihatnya. Walaupun demikian, jika Anda memperhatikan laptop Anda setelah penggunaan satu bulan, Anda akan melihat banyak debu.

Debu yang kian tebal bisa menutup lubang ventilasi pada laptop. Akibatnya, laptop bisa cepat panas dan ini membuat baterai harus menahan berat dan cepat panas. Cara menghemat baterai laptop adalah Anda harus selalu membersihkan laptop atau komputer Anda.

compact diskCD: jika selesai digunakan, cd harus dilepas biar baterai awet

8. Hindari Penggunaan CD/DVD Rom

Penggunaan CD/DVD rom juga boros baterai. Maka, jika Anda harus menggunakannya, setelah selesai CD/DVD harus segera dilepas. Ya, biar baterai laptop tidak boros.

9. Menggunakan Sleep Mode

Proses menghidupkan laptop terkadang lama. Tentu saja, ini bisa mengonsumsi daya baterai yang besar. Untuk itu, Anda sebaiknya menggunakan sleep mode ketika mematikan laptop.

Dengan cara ini, semua file tersimpan di memori sementara. Ketika Anda kembali menghidupkan laptop, file dan program yang tadinya Anda simpan, kini siap digunakan. Cara ini, selain menghemat waktu, juga menghemat baterai laptop Anda.

10. Jangan Gunakan Perangkat USB

Ya, semua perangkat yang tidak digunakan lagi harus dicabut. Biarpun tidak aktif, perangkat itu tetap mengonsumsi daya baterai. Demikian pula perangkat USB. Anda harus segera melepasnya saat tidak digunakan.

11. Matikan Wireless Card

wireless cardWIRELESS: matikan saat tidak digunakan biar baterai tak boros

Sama dengan perangkat USB atau lainnya, wireless card harus Anda matikan jika tidak digunakan. Jika tidak Anda matikan, baterai laptop cepat habis. Wireless card akan menyedot daya baterai cukup besar.

Walaupun tidak digunakan. Karena itu, Anda harus memastikan wireless card Anda tidak aktif (off) saat tidak digunakan.

12. Bersihkan Kutub Baterai

Tidak hanya membersihkan lubang-lubang laptop dari debu, Anda juga perlu membersihkan baterainya, terutama pada kutub baterai. Banyaknya debu dan kotoran lain membuat baterai tidak bekerja efektif dan efisien. Dengan kata lain, baterai menjadi boros.

Demikian beberapa tips tentang cara menghemat baterai laptop agar baterai laptop Anda mampu bertahan lama. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*