12 Tips Mengatasi Penyebab Smartphone Cepat Panas

smartphone cepat panas, kenapa smartphone cepat panas

BANYAK penyebab kenapa smartphone cepat panas. Tidak perlu risau jika smartphone Anda seperti itu. Berikut ini 12 tips untuk mengatasi penyebab smartphone cepat panas.

Jadi, yang penting Anda segera mengatasinya sehingga smartphone cepat panas tidak berlarut-larut. Jika dibiarkan berlarut-larut, bisa dimungkinkan smartphone Anda akan rusak.

1. Jangan Gunakan Smartphone Berlebihan

Penggunaan terus menerus atau terlalu sering atau terlalu lama bisa menyebabkan smartphone Anda cepat panas. Seperti halnya manusia, smartphone juga perlu istirahat.

Cara terbaik adalah gunakan smartphone sesuai dengan kebutuhan. Tidak berlebihan atau terus menerus. Berilah kesempatan untuk istirahat biar tidak cepat panas.

Selain itu, juga gunakan sesuai dengan kapasitasnya. Jangan bebani dengan instal banyak aplikasi yang membuat beban smartphone Anda sangat tinggi atau melebihi kapasitasnya.

Aplikasi terberat adalah yang terhubung dengan internet seperti aplikasi fecebook, aplikasi twitter, bbm, dsb.

2. Jangan Biarkan di Tempat Panas atau Pengap

smartphone cepat panasDEKAT PERAPIAN: jangan letakkan smartphone dekat perapian

Misalnya, smartphone tertinggal di atas dashboard mobil yang terkena sinar matahari. Suhu pada sekeliling Android Anda memang punya peran besar. Ya, Anda sebaiknya tidak meninggalkan smartphone di dalam mobil.

Tidak hanya di dalam mobil. Anda juga jangan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya, seperti dekat pengapian. Suhu panas bisa membuat baterai dan layar smartphone rusak.

3. Putuskan Koneksi Internet Saat Smartphone Tak Digunakan

Anda harus memutuskan koneksi internet saat smartphone Anda tak digunakan. Mengapa? Koneksi internet, terutama saat digunakan browsing dan video streaming, akan menyedot banyak daya baterai.

Bahkan, prosesor juga menerima beban yang besar. Ini bisa menjadi salah satu penyebab smartphone cepat panas.

4. Jangan Digunakan Saat Sedang Dicharge

smartphone panasTEWAS: Seorang wanita di China tewas karena smartphone meledak. Ia nelepon saat smartphone dicas.

Karena itu, matikan saja Android Anda ketika sedang dicharge atau isi ulang daya baterai. Ya, lakukan penghematan pada baterai Anda sehingga bisa bertahan lama atau awet.

5. Matikan Fitur yang Tak Digunakan

Anda harus menonaktifkan fitur-fitur yang tidak digunakan. Misalnya, fitur Wi-Fi, GPS, Bluetooth, NFC, atau Multi-Window. Sebaiknya fitur-fitur itu dimatikan saat Anda tidak menggunakannya.

Jika Anda tidak memerlukan info tentang suatu lokasi, misalnya, matikan fitur GPS. Jika Anda tidak terhubung dengan perangkat lain, matikan saja Bluetooth.

6. Gunakan Charger Asli

Saat mengisi ulang baterai, Anda sebaiknya menggunakan charger orisinal atau asli. Ya, charger bawaan dari smartphone Anda. Sebab, charger yang tidak sesuai dengan voltage, ampere mesin, dan kapasitas baterai bisa menyebabkan kerusakan smartphone.

Hal yang sama juga perlu Anda lakukan saat pengisian daya baterai dengan menggunakan power bank. Gunakan power bank yang cocok dengan smartphone Anda.

Mengapa?

Karena tiap smartphone memiliki tegangan input, konsumsi arus, dan ukuran tipe polaritas yang berbeda atau bervariasi. Anda harus menghindari pengisian daya yang berlebihan akibat penggunaan charger yang tidak orisinal.

Bahkan, ia bisa mengakibatkan port USH terbakar atau terjadi korstleting. Yang lebih fatal, hardware rusak sehingga harus diservis.

charger originalORIGINAL: gunakan charger original, asli atau bawaan saat beli

7. Atur Kecerahan Layar Sesuai dengan Kebutuhan

Layar yang sangat cerah juga bisa membuat smartphone cepat panas. Apalagi, pengaturan pada kecerahan terlalu tinggi. Anda sebaiknya mengatur kecerahan (brightness) sesuai dengan kondisi lingkungan. Jangan terlalu cerah dan juga jangan terlalu redup.

8. Hindarkan dari Debu

Anda sebaiknya selalu membersihkan smartphone Anda dari debu. Atau hindarkan dari kemungkinan terkena debu. Mengapa? Debu yang tebal bisa menutup lubang di bodi. Dampak ikutannya, ia bisa menjadi penyebab smartphone cepat panas.

Bersihkan smartphone Anda dengan cotton buds. Yang diperlukan adalah kepedulian. Karena ini bukan pekerjaan berat.

9. Jaringan Tidak Stabil

Anda terkadang juga menemukan kondisi jaringan yang tidak stabil. Jika handphone Anda tetap hidup, ia bisa cepat panas. Anda sebaiknya mematikan paket data untuk menghindari kerusakan. Atau Anda berpindah menggunakan jaringan wi-fi atau Anda matikan smartphone hingga suhu turun.

10. Hapus Aplikasi yang Memberatkan

Anda sebaiknya menghapus aplikasi-aplikasi yang memberatkan. Karena itu bisa mengakibatkan kinerja smartphone Anda menurun. Ya, aplikasi yang tidak begitu penting, sebaiknya hapus saja biar smartphone Anda tetap berfungsi dengan baik.

11. Jangan Letakkan Smartphone di Bagasi Motor

Tip ini untuk Anda yang tiap hari berkendara dengan motor. Di musim hujan sekarang, Anda perlu memperhatikan peletakan smartphone. Jangan sampai ia diletakkan di bagasi dekat mesin motor.

jok motorJOK MOTOR: berbahaya simpan smartphone di jok motor

Mengapa?

Jika mesin motor telah panas, itu juga bisa membuat smartphone Anda menjadi cepat panas sebagai imbasnya. Layar ponsel Anda yang terbuat dari liquid mudah rusak karena panas berlebihan.

Yang lebih berbahaya adalah kemungkinan terjadi kortsleting dan meledak. Apalagi, jika Anda tidak mendengar ledakan itu. Tiba-tiba, Anda tahu jok motor terbakar akibat kortsleting dari smartphone Anda.

12. Jangan Gunakan Multikasting Terlalu Sering

Sering menjalankan beberapa aplikasi bersamaan atau multikasting juga bisa menjadi penyebab smartphone Anda cepat panas. Misalnya, mendengarkan musik sambil browsing atau chatting di Facebook, dsb.

Apalagi, jika kapasitas baterai Anda rendah. Sementara, beban saat browsing adalah sangat tinggi. Ini bisa menyebabkan smartphone Anda cepat panas.

Atau bahan pembuatan berkualitas rendah sehingga smartphone cepat panas.

Oleh karena itu, gunakan smartphone Anda sesuai dengan kapasitas yang tersedia. Jangan paksakan untuk melakukan semua keinginan Anda. Selain itu, istirahatkan secara cukup dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan.


Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*