13 Tips Memilih Power Bank Terbaik

memilih power bank

SEBELUM membeli power bank yang Anda inginkan, ada baiknya Anda mengetahui 13 tips memilih power bank. Ini sangat penting karena banyaknya produk dijual di pasaran.

Jangankan berbeda merek. Satu merek saja terkadang terdiri dari puluhan tipe. Tiap tipe terdiri dari berbagai warna dan seri.

Wooww.. banyak sekali. Bagi Anda yang masih pemula, tentu hal ini sangat merepotkan. Bahkan, sebagian dari mereka yang bukan pemula pun bisa mengalami hal yang sama.

Belum ditambah dengan munculnya produk palsu. Jumlahnya bisa ratusan tipe power bank. Ini membuat kita bisa pusing tujuh keliling.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda membekali diri dengan berbagai informasi tentang tips memilih power bank sesuai dengan keinginan. Tentu saja, memilih power bank terbaik.

Dengan informasi cukup, Anda bisa mendapatkan alat penyimpan listrik terbaik sesuai dengan kemampuan Anda.

Apakah sesungguhnya powerbank itu?

Jawabnya: perangkat yang terbuat dari karbon dengan campuran alumunium. Dilengkapi dengan portUSB, ia bisa Anda gunakan untuk mentransfer daya ke handphone Anda.

Misalnya, Anda dalam perjalanan jauh. Anda melihat daya baterai smartphone sudah menipis. Cara mudah untuk mengisi daya baterai adalah menggunakan power bank.

Perangkat ini penting, terutama bagi Anda yang suka bepergian jauh, pekerja lapangan, dsb. Mereka tak mudah menemukan colokan listrik untuk mencharge atau menambah daya baterai smartphone.

Cara tercepat dan termudah adalah menggunakan power bank. Dengan menggunakan kabel USB, Anda bisa menghubungkan powerbank ke smartphone yang ingin ditambah dayanya.

harga power bank samsung

Tips Memilih Powerbank Terbaik dengan Harga Terjangkau

Berikut ini adalah 13 tips untuk memilih power bank terbaik dengan harga terjangkau. Anda bisa memilih tipe dan merek yang Anda suka.

1. Tentukan Merek Apa yang Ingin Anda Pilih

Ini harus Anda lakukan sebelum melakukan pemesanan atau pembelian. Anda pilih merek yang telah diakui oleh banyak konsumen sebagai produk berkualitas dan harga layak seperti merek Samsung, Xiaomi, Delcell, Hippo, dsb. Dari beberapa alternatif, Anda bisa pilih yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

2. Miliki Informasi Cukup tentang Pilihan Anda

Anda sebaiknya mencari informasi secukupnya tentang produk yang Anda pilih, yakni power bank yang bagus. Baik dengan bertanya kepada teman, orang tua, famili, atau berselancar di Internet untuk mendapatkan informasi mengenai alat penambah daya terbaik dan harga terjangkau. Internet sangat kaya dengan informasi mengenai produk pengisi daya.

3. Pilih Tempat Pembelian yang Terpercaya

Ini juga sangat penting. Mengapa? Karena banyak produk palsu dijual dan banyak orang merasa tertipu dengan membeli produk tidak sesuai dengan spesifikasinya.

Penjualan produk palsu juga dilakukan secara terbuka sehingga mengesankan itu bukan palsu. Cari tempat pembelian (toko) terpercaya, baik offline atau online.

4. Jangan Tergiur Tawaran Harga Murah

Tawaran harga sering membuat orang terjebak dengan penjualan produk palsu atau kualitas rendah. Tiap orang pasti ingin harga murah saat membeli suatu produk.

Tetapi, Anda harus meneliti keaslian dan keabsahan produk yang ditawarkan. Jangan asal murah, apalagi murah banget. Cek keasliannya, barang baru atau bekas, dsb.

5. Pilih Produk yang Memiliki Safety Protection.

Pastikan bahwa powerbank yang Anda pilih dilengkapi dengan safety protection. Meliputi fitur short circuit protection untuk mencegah kortsleting (hubungan arus pendek) listrik.

Over charging protection untuk menghentikan pasokan daya ke baterai secara otomatis karena sudah penuh. Dan, fitur overheat protection bisa menghentikan pengisian daya jika terjadi overheat.

6. Miliki Kartu Garansi

Belilah power bang yang memiliki kartu garansi. Ini sangat penting jika ternyata alat penambah daya listrik yang Anda beli mendapatkan trouble seperti rusak, ngadat, dsb. Bahkan, ada yang meledak. Dengan kartu garansi, Anda bisa mendapatkan perbaikan gratis, bahkan sampai penggantian.

7. Cek Produk Asli atau Palsu

Cek apakah powerbank yang Anda beli benar-benar asli. Cara termudah untuk mencek keasliannya adalah dengan mengocok (gerakkan) ke atas ke bawah. Jika tidak ada bunyi sesuatu berarti asli. Jika ada bunyi berarti palsu.

8. Informasi Produk Terdapat di Casing

Informasi tentang produk seperti nama, nomor produk, jenis, tipe dan merek ada pada aluminium casing yang melekat di powerbank. Untuk produk palsu biasanya informasi ada di lembar kertas yang ditempelkan.

9. Cek Detil Sel Baterai

power bank palsu

TERBAKAR: seorang terbakar di India gara-gara power bank meledak

Anda juga perlu cek sel baterai. Ini akan menentukan ketahanan atau usia baterai. Ibarat makhluk hidup, baterai adalah organ jantung yang vital fungsinya. Jadi, Anda perlu tahu persis kualitas baterai.

10. Pilih Kapasitas Sesuai dengan Kebutuhan

Pilih kapasitas powerbank sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu berkapasitas besar jika Anda jarang bertugas di luar atau jarang bepergian. Keinginan memiliki alat penambah daya berkapasitas besar justru dimanfaatkan oleh para pemalsu untuk menipu Anda.

11. Pilih Kapasitas Lebih Besar dari Kapasitas Smartphone Anda

Misalnya, kapasitas handphone Anda 2000mAh. Maka, Anda perlu beli powerbank berkapasitas 5000mAh. Tujuannya bisa digunakan tiga kali pengisian daya ke smartphone Anda.

Tetapi, tidak perlu membeli yang terlalu besar kapasitasnya seperti 25000mAh. Mubazir.

12. Pilih Penambah Daya dari Merek Terkenal

Jika memungkinkan, pilih dari merek terkenal seperti Samsung, Philip, Panasonic, dsb. Alat penambah daya dari China banyak dikeluhkan.

13. Merek Lokal dengan Baterai Terkenal

Jika dana Anda paspasan, lebih baik memilih produk lokal/nasional tetapi menggunakan baterai terkenal. Misalnya, merek Vivan dengan baterai Samsung atau Probox menggunakan baterai Sanyo.

Itulah tips memilih power bank terbaik yang perlu Anda lakukan. Dengan ini,  Anda bisa menemukan power bank yang bagus sesuai dengan harapan Anda.

Pengalaman Beberapa Pengguna Memilih Powerbank Terbaik

Berikut ini saya kutipkan pengalaman beberapa pengguna. Tak ada maksud untuk memilih suatu produk. Pilihan review hanya acak saja.

1. Harry Yan: Ane pakai powerbank merk Uneed. Beli dari salah satu toko online. Waktu itu promo dari harga Rp 299.000 jadi Rp 150.000. Di spesifikasi tertulis 5600mAh, dilengkapi kabel dgn colokan bermacam-macam: micro USB, colokan apple, nokia, soner, dll..

Ane cukup puas. Kapasitas 5600mAh, bisa untuk charge Onyx2 1500mAH 2x, Galaxy S Advance 1500mAH 1x, dan Nokia 2505 1x. Biasanya ane charge saat level baterai tinggal 20-an % dan dalam keadaan hidup.

Ane sudah pakai kira-kira 2 bulanan. Belum ada masalah baterai drop, dll.  Sekian pengalaman ane. Mudah-mudahan bermanfaat.

powerbank uneed 5600m

2. Ais, konsumen: Oalaaah.., ternyata merek PowerBank itu banyak juga yah..

Aku pengalaman beli 3 x dan alhamdulillah nggak ada masalah sama sekali.

Pertama beli merek Sanyo tipe Eneloop 5000mAh. Sampai sekarang dipakai sama emak dan gak ada keluhan sama sekali.

Kedua merek dan tipe sama. Tak ada keluhan, kecuali kabel untuk charge BlackBerry rusak. Tetapi begitu dicoba pakai kabel data dari BlackBerry langsung lancar dan gak ada keluhan sampai sekarang.

Ketiga beli merek Yoobao 10.000mAh (kalau gak salah). Sampai sekarang dipakai istri dan saya. Tak ada keluhan rusak, hanya longgar aja..

Power bank Vivan juga bagus. Itu saran teman saya yang teknisi handphone. Saya coba cek di toko langganan, ternyata baterainya merek Samsung. Jelas saja, hebat. Ada garansi 6 bulan.

Tetapi, hati-hati barang palsu. Penambah daya Vivan palsu juga banyak dijual di pasaran.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*