20 Tips Penghemat Baterai Smartphone

penghemat baterai

BATERAI smarthope Anda cepat melemah? Tidak perlu khawatir. Banyak cara untuk menghemat daya tahan baterai. Berikut ini 20 tips penghemat baterai smartphone Anda.

Biasanya, daya tahan baterai berkekuatan di bawah 2000mAh cepat melemah. Misalnya, baterai untuk BenQ – B502 – 8Gb. Handphone ini menggunakan baterai 1800mAh.

Tetapi, rendahnya daya baterai tidak berarti smartphone itu jelek atau berkualitas rendah. BenQ – B502 – 8Gb, misalnya, banyak pengguna yang memuji kehebatannya.

Anis, misalnya, mengatakan hp ini bagus. Kameranya jernih, memorinya besar, dan sinyalnya cukup baik. Kelemahan hanya pada baterai. Karena dengan daya tahan rendah, baterai tidak bisa digunakan untuk waktu lama.

Yang Anda butuhkan sekarang adalah melakukan tips tentang penghemat baterai. Dengan ini, smartphone Anda akan bekerja maksimal. Walaupun, baterainya memiliki kekuatan rendah di bawah 2000mAh.

Cara Menghemat Baterai Smartphone dengan Mudah

baterai smartphone cepat habisCEPAT HABIS: mengapa isi baterai cepat habiiisss…

Berikut ini adalah 20 tips menghemat baterai yang bisa Anda lakukan sehingga Anda tidak repot dengan menurunnya daya tahan baterai smartphone Anda.

Selain itu, dengan menjaga agar daya kekuatan baterai tetap memadai, Anda sekaligus bisa membuat usia baterai lebih panjang. Baterai tidak cepat rusak dan smartphone bisa selalu digunakan tiap saat.

Ke-20 tips penghemat baterai adalah:

1. Layar Menyala

Layar menyala adalah penyebab utama daya tahan baterai Anda cepat menurun. Apalagi, jika Anda sangat sering menghidupkan smartphone.

Jelas, perbuatan Anda akan membuat daya tahan baterai cepat menurun.

Solusinya adalah: Anda perlu menurunkan brightness sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Anda perlu mematikan auto brightness. Dengan cara ini, Hp Anda tidak memerlukan sensor cahaya. Inilah salah satu cara penting tentang penghemat baterai.

2. Matikan Mode Getar (Vibration)

Saat layar smartphone Anda bergetar, daya tahan baterai makin berkurang. Banyak pemilik Hp tidak menyadari hal itu. Getaran yang terjadi saat ada panggilan masuk atau notifikasi lain akan membuat kekuatan baterai berkurang.

Ya, Anda sebaiknya mematikan mode getar sehingga energi baterai tidak terbuang percuma. Walau, dengan nada getar, Anda bisa tahu ada panggilan masuk.

3. Gunakan Browser yang Ringan

ucbrowserSUKSES: pengguna uc broeser meningkat tajam di inondesia, juga di dunia

Pilih browser yang ringan sehingga tidak cepat menghabiskan energi baterai. Anda bisa menggunakan UCbrowser. Memiliki fitur lengkap, browser ini tetap ringan. Tidak menyedot banyak energi dari baterai Anda. Alias Anda bisa hemat baterai.

4. Matikan Penyelarasan Otomatis yang Tak Perlu

Tidak semua aplikasi Anda perlukan tiap hari. Misalnya, aplikasi penyelarasan otomatis. Jika Anda tidak memerlukan aplikasi ini, sebaiknya Anda matikan.

5. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Anda bisa menggunakan aplikasi hemat baterai yang bagus seperti Lockbooster dan DUbooster. Anda bisa menghemat hingga 80%. Lumayan, kan?

Keduanya adalah gratis. Anda bisa mendownloadnya.

Selain itu, Anda juga perlu software antivirus dan antimalwera. Sebab, virus dan malwera bisa membuat baterai Anda boros.

6. Layar Tak Perlu Terang

aplikasi penghemat batre

layar terlalu terang merusak mata…

Cahaya layar juga mengonsumsi daya baterai. Bagaimana kamu bisa hemat baterai? Cahaya layar smartphone sebaiknya Anda set menjadi tidak terlalu terang, tapi masih bisa untuk dilihat oleh mata.

Ya, Anda perlu mengecilkan “brightness” pada smartphone Anda. Kamu juga bisa melakukan pengaturan adaptasi terhadap cahaya smartphone (adapt to lighting conditions).

7. Perpendek Waktu Stand By Layar Smartphone

Ubah waktu stand by pada “Sleep” di smarphone Anda. Misalnya, dari 3 menit menjadi 25 detik. Tujuannya supaya baterai tidak boros atau cepat habis.

8. Charge Baterai Kamu Sesuai dengan Tipenya

Anda harus tahu tipe baterai yang dipakai di ponsel kamu: baterai lithium atau baterai nickel. Baterai nickel memiliki daya tahan lebih lama. Karena itu, ketika daya baterai tinggal sedikit, Anda perlu men-charge hingga maksimum atau 100%.

Tetapi, jika Anda menggunakan baterai lithium, Anda harus melakukan charge baterai sesering mungkin. Tujuannya supaya kapasitas baterai tetap bertahan seperti kapasitas asli.

Baterai sebaiknya segera dicharge ketika tersisa 15%. Jangan tunggu lebih dari itu, misalnya 5%. Ini bisa mengurangi daya tahan dan usia baterai.

charge baterai

9. Mematikan Wi-Fi, Bluetooth, Paket Data

Wi-Fi, Bluetooth, dan Paket Data sebaiknya Anda matikan (off) saat Hp tidak digunakan. Jika tidak, itu akan mengurangi daya tahan baterai. Atau hidupkan satu saja jika memang diperlukan.

Jika Anda berada di area hotspot, Anda bisa menggunakan Wi-Fi untuk koneksi internet. Jika berada di luar are hotspot, jangan gunakan W-Fi. Untuk mencari koneksi internet akan membutuhkan daya baterai yang besar.

10. Tutup Aplikasi yang Tak Digunakan

Ini penting. Menutup aplikasi setelah selesai digunakan. Banyak pemilik smartphone yang tetap membiarkan aplikasi itu terbuka. Ini akan menggerus daya tahan baterai Anda secara sia-sia.

Apabila Anda menggunakan Android, maka tutup tombol mustikasting. Anda bisa swipe aplikasi untuk menutupnya setelah tidak digunakan.

11. Anda Perlu Matikan GPS atau Location (Locations Services).

Selain layar, GPS atau layanan lokasi juga mengonsumsi daya  baterai cukup besar. Karena itu, kamu perlu mematikan GPS di menu setting. Kamu akan menghemat pemakaian baterai.

Dan, kamu bisa menyalakan GPS ketika diperlukan. Misalnya, saat Anda menggunakan Maps untuk mencari lokasi tertentu.

12. Buang Widget yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Anda tidak perlu menampilkan banyak widget. Pilih widget yang penting saja. Ini akan mengurangi konsumsi daya baterai. Atau hemat baterai. Jadi, pilih sejumlah widget penting sehingga home screen kamu simple.

13. Matikan Live Wallpaper

Anda sebaiknya tidak menggunakan wallpaper berbentuk animasi. Ini bisa menyedot daya baterai yang cukup besar. Ya, matikan Live Wallpaper dan gunakan yang tidak live atau bergerak.

live wallpaper

14. Jauhkan dari Sinar Matahari

Jaga smartphone Anda agar tetap dingin. Jauhkan dari sinar matahari langsung atau tempat yang panas. Misalnya, di dashboard mobil.

Sebaiknya, simpan smartphone di tempat yang sejuk. Ini untuk menghindari pemborosan daya baterai. Selain itu, dia akan bekerja lebih optimal dibandingkan ponsel dalam keadaan panas.

15. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Anda bisa menginstal aplikasi penghemat baterai. Misalnya, DU Battery Saver atau Play Store. DU Battery Saver sangat populer karena fiturnya sangat lengkap. Atau lebih lengkap dibandingkan yang lain.

Ada beberapa modus dan pre-set pilihan yang user friendly pada DU Battery Saver. Ini bisa membuat daya baterai tidak cepat habis.

16. Matikan Sinyal Radio di Tempat Tertentu

Jika suatu saat Anda berada di tempat yang jauh dari menara pemancar sinyal, ada kemungkinan smartphone Anda akan melemah atau kehilangan sinyal.

Dalam keadaan seperti itu, smartphone Anda tetap mencari sinyal untuk mendapatkan koneksi terbaik. Ini bisa membuat baterai cepat habis.

Matikan saja sinyal radio saat berada di tempat seperti itu. Sinyal radio ada di menu “Setting”.

Atau nyalakan Airplane Mode, semua sinyal radio langsung mati. Baik GSM, WiFi, ataupun Bluetooth, sehingga baterai smartphone Anda bisa bertahan lama.

17. Jangan Mendengarkan Musik dari Youtube

Anda sebaiknya tidak mendengarkan musik dan menonton video langsung dari Youtube. Tetapi, downloadlah dulu dan simpan di smartphone Anda.

Ini akan lebih hemat baterai daripada Anda langsung membukanya (mendengarkan musik atau menonton video) dari Youtube.

18. Aplikasi dan Game, Pilih Salah Satu

main game

Jangan gunakan dua aplikasi bersamaan

Jangan gunakan aplikasi dan game bersamaan (multitask). Pilih salah satu, dan matikan lainnya. Tujuannya supaya tidak berjalan di background.

Jika tidak, smartphone Anda akan cepat panas (overheat) dan baterai cepat rusak. Anda sebaiknya membuang aplikasi yang tidak pernah digunakan.

Aplikasi yang selalu berjalan di background, misalnya, game online (Poker, Chess, dll), sosial media (Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, dll), dan chatting (WhatsApp, BBM, Line, Viber, KakaoTalk, Google+, dll).

19. Matikan Sensor yang Tak Digunakan

Beberapa smartphone dilengkapi dengan banyak sensor, seperti Samsung S4, S5 Note, dan Tab3. Berbagai sensor yang ada, misalnya, modus sensor pintar, eye sensor, dsb.

Pilih sensor yang Anda perlukan. Lainnya, matikan saja. Misalnya, airsensor. Ini adalah salah satu cara penting tentang penghemat baterai. Baterai Anda akan mampu bertahan lebih lama.

20. Update Aplikasi Penting

Usahakan selalu mengupdate aplikasi yang penggunaannya sangat penting. Update sesuai dengan perkembangan dari pembuatnya. Apalagi, jika ada aplikasi versi terbaru yang lebih canggih dari sebelumnya dan lebih hemat baterai.

Cara Kerja Aplikasi Penghemat Baterai

Pada poin 5 dan 20 di atas telah disebutkan bahwa untuk menghemat baterai smartphone, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi.

aplikasi hemat baterai

Ada banyak aplikasi untuk itu, tetapi Anda bisa memilih yang terbaik untuk Anda.
Apa kerja aplikasi ini? Ya, ada beberapa, yaitu:

  • mengatur memori
  • mencerahkan layar
  • mengatur pengunaan data
  • mengatur koneksi internet, dsb.

Dengan aplikasi khusus itu, Anda bisa menghemat penggunaan baterai. Apalagi, jika Anda bisa melakukan berbagai tips penghematan seperti dijelaskan di atas.

Anda perlu menggunakan aplikasi ini terutama jika kapasitas baterai smartphone Anda di bawah 3000mAh. Jika baterai smartphone di atas 3000mAh, Anda tidak perlu aplikasi peghematan baterai.

Berikut ini 5 aplikasi penghemat baterai android yang bisa Anda gunakan. Sebenarnya, aplikasi penghemat baterai smartphone banyak. Tetapi, di sini hanya disebutkan lima yang terbaik.

  1. Avast Battery Saver
  2. Battery Boster
  3. Android Booster
  4. Green Power
  5. Juice Defender
  6. DU Battery Saver
  7. Battery Doctor

avas terbaruMENINGKAT: daya tahan baterai naik 30% dengan menggunakan aplikasi ini

Anda bisa membaca penjelasan tentang ke-7 aplikasi penghemat baterai smartphone di halaman ini. Dalam artikel itu telah dijelaskan mengenai cara kerja dan fungsi masing-masing aplikasi.

Tentu saja, Anda perlu memilih salah satu dari ke-7 aplikasi ini. Ya, benar. Kamu perlu memilih salah satunya sesuai dengan spesifikasi dan harganya.

Mengapa?

Kalau Anda menginstal beberapa aplikasi penghemat baterai ke smartphone Anda, bisa-bisa aplikasi Anda sangat memberati smartphone Anda sehingga cepat panas. Tentu saja, Anda tidak ingin seperti itu.

Karena itu, Anda tentukan satu aplikasi saja.

Anda bisa mendowonload semua aplikasi itu di Google Strore dengan gratis. Sekian, semoga 20 tips penghemat baterai smartphone ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*