6 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

kipas laptop murah

KIPAS LAPTOP BERISIK – Kipas laptop Anda bersuara berisik atau bising? Tentu saja, semua orang tidak suka suara seperti itu muncul dari laptop atau komputer mereka.

Apalagi, suara berisik dan bising itu terdengar cukup keras. Semua orang yang berada di sekitar laptop Anda pasti protes. Saya yakin, Anda sendiri juga merasa tidak nyaman dengan suara berisik itu.

Tentu saja, Anda ingin segera suara berisik dari kipas laptop ituĀ  hilang. Laptop Anda bisa bekerja dengan normal kembali.

Tetapi, bagaimana caranya? Kerusakan apa yang terjadi pada kipas laptop atau komputer Anda?

Ya, kipas laptop berisik, apalagi sampai menimbulkan suara bising, harus diatasi.

Jika tidak, gangguan akan makin meningkat. Dalam waktu tidak lama, suara berisik bisa menyebabkan kerusakan pada laptop Anda.

Selain itu, suara kipas laptop berisik bisa mengganggu konsentrasi Anda. Baik konsentrasi untuk bekerja, bersantai, mendengarkan musik, menyaksikan video, atau lainnya.

Lalu, solusinya bagaimana? Apa yang harus Anda lakukan?

vacuum cooler miniVACUUM COOLER: salah satu pendingin laptop

6 Sumber Suara Berisik dari Kipas Laptop dan Cara Mengatasi

Ada beberapa penyebab yang perlu Anda cek untuk memastikan apa yang membuat kipas laptop berisik sehingga Anda merasa sangat terganggu.

Berikut ini adalah 6 sumber suara berisik pada Laptop Anda dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Prosesor Harus Bekerja Ekstra

Prosesor bisa menjadi salah satu penyebab kipas laptop berisik atau bising. Ini terjadi saat suhu prosesor meningkat.

Umumnya ini akibat beban laptop yang tinggi. Apalagi saat bebannya sangat berat melebihi kapasitasnya.

Misalnya, Anda sedang bermain game kategori berat atau melakukan fungsi multimedia.

Dengan beban kerja yang sangat berat atau ekstra, laptop menjadi panas. Akibatnya, kipas bersuara berisik atau bising yang mengganggu Anda atau siapa pun di sekitarnya.

Putaran baling-baling kipas (fan) pun berjalan lebih kencang. Inilah salah satu penyebab suara berisik atau bising dari laptop dan sejenisnya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Ya, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk itu atau menggunakan software khusus. Tetapi, Anda sebaiknya menggunakan aplikasi atau software pendingin laptop seperlunya saja.

Perhatikan prosesor dari laptop Anda. Berapa kekuatannya. Jangan bebani laptop di luar kapasitas atau kemampuannya.

cek kerusakan laptopCEK KERUSAKAN: cek gangguan atau kerusakan kipas laptop

2. Kipas Harus Dibersihkan Rutin

Kipas kotor juga bisa menjadi penyebab suara berisik/bising. Karena itu, laptop harus sering dibersihkan dari kotoran, terutama kotoran debu. Misalnya, Anda perlu membersihkan kipas laptop satu minggu (pekan) sekali, dua minggu sekali, dsb.

Debu yang menumpuk juga bisa mengganggu sirkulasi udara dalam laptop. Apalagi, debu yang menempel telah menutup lubang-lubang laptop. Sirkulasi udara pun sulit terjadi.

Bahkan, debu juga bisa menempel di kipas yang membuat bebannya bertambah. Perputaran kipas mengeluarkan suara berisik juga bisa mengganggu ketenangan Anda.

Baca Juga: 7 Tips Penting Saat Anda Beli Laptop Hybrid Baru

3. Kipas Memasuki Usia Lansia

Kipas mengalami gangguan karena ada kerusakan. Atau karena Anda tidak mengembalikan laptop secara sempurna setelah Anda melakukan sesuatu.

Ya, usia laptop juga harus dipertimbangkan. Artinya, laptop, termasuk kipasnya, harus selalu dicek sebelum mengalami gangguan.

Mengapa?

Ya, karena laptop sudah tua usia dan waktunya untuk diganti dengan laptop baru dan lebih berkualitas.

Atau, Anda sekadar mengganti kipasnya dengan sparepart yang baru.

sistem operasi untuk laptopOPERASI: sistem operasi yang digunakan oleh banyak laptop

4. Gunakan Sistem Operasi yang Ringan

Sistem operasi juga bisa memberatkan beban laptop. Anda bisa cek, OS apa yang digunakan di laptop Anda. Jika memberikan beban yang berat pada laptop Anda, maka gantilah dengan OS lain yang lebih ringan.

5. Gunakan Pendingin Laptop

Anda sebaiknya melengkapi gadget Anda dengan pendingin laptop. Harganya tidak mahal kok. Tetapi, manfaatnya sangat besar.

Ya, ini adalah tambahan kipas dari luar laptop yang berfungsi untuk membuat laptop tidak mudah panas.

Ada berbagai macam pendingin laptop yang bisa Anda pilih. Harganya juga bervariasi, tetapi tidak mahal kok.

6. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Tak semua aplikasi atau fitur yang ada diperlukan setiap Anda menggunakan laptop.

Jika tak digunakan, ya jangan dihidupkan. Lebih baik matikan saja. Jika dibutuhkan, Anda bisa menghidupkan kembali (di-on-kan). Apalagi, aplikasi yang berat-berat.

Untuk memudahkan pekerjaan ini, Anda bisa menggunakan software yang bisa mematikan aplikasi yang tak digunakan secara otomatis. Ini akan membuat kerja Anda sangat mudah.

Lakukan Perawatan Laptop secara Rutin

Demikianlah 6 Cara untuk Mengatasi Kipas Laptop Berisik. Siapa pun akan merasa teganggu dengan suara kipas laptop berisik.

Tetapi, jika ternyata Anda tidak bisa merawat sendiri, khususnya untuk membersihkan kipas pada laptop Anda karena harus membongkar laptop, Anda bisa membawanya ke toko penjual yang memberikan layanan perbaikan dan perawatan.

Baca Juga: Harga Laptop Terbaru dan Murah 2016

Atau, membawanya ke pemberi jasa perawatan laptop. Tentu saja, yang terbaik adalah melakukan perawatan rutin. Perawatan dini akan mencegah munculnya gangguan atau kerusakan seperti munculnya kipas laptop berisik.

Ya, perawatan sangat penting untuk Anda lakukan secara rutin. Tujuannya supaya laptop selalu bekerja secara optimal danĀ  mampu bertahan lama (awet).

Tentu saja, akan lebih sempurna jika saat melakukan pembelian, Anda juga memilih laptop terbaik dari beberapa merek laptop terkenal. Syukur bisa menemukan laptop terbaik dengan harga murah.

Dan, siapa yang tidak ingin laptopnya tetap bagus dan bisa dipakai untuk waktu lama?

Terima kasih atas perhatian Anda. Silakan artikel ini dishare kepada teman atau siapa pun melalui logo Twitter, Facebook dan Google+ di bawah ini.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*