9 Penyebab Laptop Anda Cepat Panas dan Bagaimana Cara Mengatasinya

laptop mati sendiri

APAKAH laptop Anda sering cepat panas? Tak perlu khawatir. Itu bisa menimpa laptop siapa saja. Saya akan bagikan 9 tips untuk mengatasi penyebab laptop cepat panas.

Laptop cepat panas biasanya akibat sirkulasi udara yang kurang baik. Tak ada ruang yang cukup untuk terjadinya sirkulasi udara yang bisa membuat laptop tidak cepat panas.

Laptop biasanya dirancang supaya lebih hemat ruang. Ia bisa dibawa ke mana saja dengan ringan dan mudah. Ia bisa dibawa ke kantor, ke tempat rekreasi, ke tempat pertemuan di luar kota, dsb.

Supaya tidak berat untuk dibawa ke mana pun Anda beraktivitas, desain laptop dibuat lebih tipis dan lebih minimalis. Dengan cara ini, laptop menjadi lebih ringan dibawa dalam tas punggung, misalnya.

Tetapi, akibatnya adalah ruang tempat komponen di dalam laptop kurang leluasa. Sirkulasi udara pun tidak bebas atau tidak lancar. Laptop pun cepat panas.

Jika sudah seperti itu, pekerjaan Anda pun terhambat. Anda tidak bisa meneruskan pekerjaan dengan lancar.

Bahkan, laptop mati sendiri atau harus Anda matikan supaya  suhunya kembali dingin dan bisa digunakan untuk bekerja lagi.

Cara Tepat Mengatasi Laptop Cepat Panas

laptop cepat panasBURUK: laptop di atas tempat tidur cepat panas karena tempat tidak rata dan tidak stabil

Lantas, apa saja penyebab laptop cepat panas? Bagaimana cara mengatasinya sehingga laptop Anda tidak cepat panas?

Mengetahui penyebab laptop Anda cepat panas sangat penting. Tujuannya supaya Anda bisa mencarikan jalan keluar untuk menghindarinya sehingga laptop Anda tidak cepat panas.

Selain mengganggu aktivitas Anda, laptop panas juga membuat sebagian komponen laptop tidak bisa bertahan lama.

Ya, komponen laptop cepat rusak atau aus.

Setidaknya ada 9 penyebab laptop cepat panas. Ke-9 penyebab itu adalah:

1. Penggunaan Terlalu Lama

Anda sebaiknya tidak terlalu lama menggunakan laptop. Artinya, jika penggunaan laptop sudah empat atau lima jam, Anda sebaiknya mengistirahatkannya dengan mematikan laptop untuk beberapa saat, misalnya 30 menit.

Ya, biar ada waktu jeda. Laptop bisa agak dingin dan dipakai lagi. Apalagi, jika laptop untuk main game atau membuat grafis. Laptop bisa cepat panas karena beban meningkat.

Dengan cara demikian, laptop mampu bekerja dengan baik dan tahan lama.

Tak ubahnya seperti kita, manusia. Jika telah bekerja beberapa jam, kita juga perlu istirahat. Perlu makan, minum, dsb.

Bahkan, jika Anda bekerja dengan duduk di kursi seperti pekerja kantoran, Anda perlu bangkit dari kursi dan jalan di ruangan sekitar dua menit. Tujuannya biar Anda tetap sehat.

2. Kipas Tidak Berfungsi akibat Rusak

Anda harus memastikan kipas dalam laptop berfungsi dengan baik. Jika kipas tidak bisa bekerja dengan baik, tentu laptop cepat panas.

Anda bisa juga menambah kipas ekstra seperti telah disinggung di awal artikel ini. Artinya, kipas tambahan di luar laptop.

Saya juga menggunakan kipas tambahan itu dan sangat membantu untuk menstabilkan suhu sehingga laptop tidak panas.

Beberapa toko komputer biasanya juga menyediakan kipas tambahan untuk laptop.

3. Letakkan Laptop dengan Benar

Sebagian dari Anda terkadang menggunakan laptop di atas tempat tidur, di atas bantal, sofa, dsb. Terkadang tumpukan bantal atau benda lain menutup atau menghalangi sirkulasi udara sehingga laptop cepat panas.

Anda sebaiknya menampatkan laptop sedemikian rupa sehingga sirkulasi udara bisa berjalan lancar dan mencegah laptop cepat panas.

kipas laptop tiba-tiba matiKIPAS: kipas harus dibersihkan supaya bekerja dg baik

4. Prosesor Bekerja di Luar Kapasitasnya

Jika Anda menginstal aplikasi apa pun, Anda perlu memperhatikan kapasitasnya. Tujuannya supaya aplikasi itu tidak memberatkan laptop Anda.

Sebab, tiap laptop atau kamputer memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Tiap Anda ingin menginstal aplikasi atau software apa saja, termasuk berbagai plugin, harus mempertimbangkan kapasitas laptop Anda.

Tidak hanya menyebabkan laptop cepat panas, beban berat juga menyebakan laptop mati sendiri. Dengan demikian, laptop bisa bekerja dengan ringan dan tidak cepat panas.

5. Perbaharui Pasta Prosesor

Pasta bagian atas pada prosesor terdapat thermal paste CPU yang berfungsi untuk mencegah laptop cepat panas. Tetapi, jika laptop sudah cukup usia, pasta itu biasanya mengering atau “dried out”..

Jika kondisinya sudah seperti itu, Anda seharusnya mengganti pasta sehingga laptop tidak cepat panas. Jika tidak diganti, ya laptop mudah panas.

6. Bersihkan Komponen Laptop dari Debu

Debu selalu bisa menyelinap ke mana saja, termasuk ke dalam laptop Anda. Sebelum membersihkan komponen di dalam laptop, bagian luar juga harus Anda bersihkan. Kalau bisa, ya tiap hari.

Anda gunakan alat pembersih untuk menghilangkan debu ketika Anda akan memulai menggunakan laptop.

Ya, awali penggunaan laptop dengan lebih dulu membersihkannya dari aneka debu. Komponen penting yang perlu dibersihkan secara berkala adalah prosesor, hardisk, baterai, VGA, adaptor, dan kipas.

Kipas yang tidak pernah dibersihkan akan makin berkurang kinerjanya. Ia tidak bisa berputar kencang sehingga laptop pun cepat panas. Anda bisa membersihkannya satu bulan sekali.

7. Setting Ulang untuk Menurunkan Suhu

Cara lain dengan melakukan setting ulang laptop sehingga suhu bisa turun. Misalnya, melakukan pengaturan LCD dengan pencahayaan yang minim. Dengan pengaturan ini, laptop tidak akan menguras energi yang bisa membuat cepat panas.

software pendingin laptop terbaikPUTARAN KIPAS: software ini membuat kipas laptop berputar kencang sehingga tidak mudah panas

8. Download Sofware Pendingin Laptop

Anda juga bisa menggunakan software khusus untuk pendingin laptop. Misalnya, Speedfan. Software ini bekerja untuk mengontrol suhu pada prosesor dan komponen lainnya sehingga laptop bisa terhindar dari suhu yang sangat panas.

Anda bisa menyeting software itu sesuai dengan petunjuk yang tersedia.

9. Usia Laptop Sudah Lama

Tidak ubahnya dengan perangkat lain. Ia memiliki keterbatasan. Dengan usianya yang sudah lama seperti 5 tahun lebih, laptop cepat panas.

Anda sebaiknya mengurangi aplikasi-aplikasi yang memberatkan, terutama berkaitan dengan aplikasi game. Ya, paling aman adalah menggantinya dengan laptop baru. Semua beres.

Baca Juga: 5 Hal Sering Membuat Laptop Mati Sendiri

Itulah 9 tips untuk mengatasi laptop cepat panas. Gunakan laptop dengan benar dan rawatlah dengan baik sehingga ia bisa bekerja efektif dan efisien, plus tahan lama.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*