Beli Power Bank Samsung? Hati-hati dengan Power Bank Palsu

power bank samsung atas palsu, bawah asli

ANDA ingin membeli power bank Samsung? Hati-hati dengan power bank Samsung palsu. Anda harus teliti. Jangan tergiur tawaran harga power bank murah. Sebab, bisa jadi itu adalah power bank palsu.

Seorang konsumen, Putri Oktapiani menulis, ” ..Aku beli powerbank Samsung 42000mAh. Kok casnya cepet. Pertama 5 jam. Baru dipakai 2 kali, cas lagi 1 kali tapi cuma separuh. Kok gitu ya… Apa kemampuannya gak banyak? Ada perasaan nyesel…

Ya, Anda sebaiknya hati-hati ketika membeli powerbank Samsung. Karena produk ini sangat populer, tentu banyak oknum mencari keuntungan dengan membuat produk palsu.

Power bank Samsung palsu banyak dijual di toko smartphone atau khusus perlengkapan smartphone, terutama dengan kapasitas sangat besar tetapi harga sangat murah.

Anda perlu hati-hati saat belanja produk elektronik. Keluhan seperti disampaikan oleh Putri Oktapiani sangat banyak di internet. Mereka mengeluh kok power bank yang dibelinya tidak seperti penjelasan dalam media promosi.  Mengapa?

Herry SW, pengamat smartphone terkenal, pernah mencoba beli power bank Samsung palsu. Ia hanya diminta membayar Rp 65.000 untuk power bank yang dikatakan berkapasitas 85.000mAh.

Sepintas power bank itu tampak asli. Tidak menduga bahwa itu adalah produk palsu. Kemasannya juga mentereng, cukup tebal, agak mengkilap, dan cetakannya juga bagus.

Pada bagian depan tertulis bahwa power bank itu mempunyai tiga output. Mereknya: Samsung Galaxy S.

Pada bagian belakang tertulis tentang petunjuk pemakaian secara singkat. Lalu ditulis pula “Made in Korea”.

Smartphone Samsung palsu umumnya datang dari China. Logo “made in Korea” tidak bisa dijadikan pegangan karena mencetak logo seperti itu bisa dilakukan di mana saja.

Tujuh Ciri Power Bank Samsung yang Asli

Power bank adalah alat kecil yang bisa dibawa ke mana-mana. Produk ini sangat penting bagi Anda yang tugas atau pekerjaannya suka berkeliling ke mana-mana dan sering harus komunikasi dengan pihak lain.

Misalnya, dengan kantor pusat, dengan keluarga di rumah, dengan staf atau bos di kantor, dsb. Perangkat ini sangat diperlukan. Yaitu, untuk mencharge smartphone Anda yang akan habis dayanya dan tidak ada colokan listrik.

Dengan portable charger ini, Anda bisa langsung mencharge smartphone untuk menambah daya. Ini bisa Anda lakukan di mana saja, di mobil, di dalam tas, dsb. Ya, sangat mudah dan praktis.

Menurut Herry, membedakan antara power bank merek Samsung asli dan palsu tidak sulit. Ciri power bank Samsung original adalah:

Pertama: Samsung belum menjual power bank superjumbo dengan kapasitas hingga 85.000mAh. Baterai tertinggi untuk smartphone selama ini adalah 11.300mAh.

Kedua: Harga produk asli adalah mahal. Bahkan, ada yang harganya lebih tinggi dari Sony dan MiLi. Produk asli dijual dengan harga Rp 300-an ribu hingga Rp 800-an ribu. Ya, tergantung kapasitas dan fitur-fitur yang dimiliki.

Ketiga: Cek di Samsung Experience Store atau toko-toko resmi, baik online atau offline yang benar-benar bisa dipercaya tidak menjual produk palsu. Sebab, kini banyak toko penjualan Hp atau smartphone juga menjual produk palsu.

Keempat: Isi ulang daya menggunakan power bank Samsung original atau asli berlangsung cepat. Pada produk asli tertulis SAMSUNG universal Battery Pack Original. Atau Powerbank Samsung.

Kelima: Menggunakan kabel micro USB. Bukan menggunakan kabel sambungan dengan konektor banyak. Kabel seperti ini mudah rusak, begitu pula dengan konektornya. Lebih baik jika Anda men-charge smartphone menggunakan kabel asli dari gadgetnya sendiri.

Keenam: Agak berat. Jika power bank itu terlalu ringan, Anda patut curiga. Jangan-jangan itu palsu. Ya, ukuran berat ini sesuai dengan tipenya. Tipe kecil, tentu beratnya rendah. Misalnya, 0,3 kg, 0,5kg sampai 1 kg.

Ketujuh: Ada garansi penjualan. Anda temukan ada garansi atau tidak. Garansi diberikan oleh Samsung Electronics Indonesia (SEI).  Ada garansi 1 tahun atau 6 bulan dari Samsung Indonesia.

Jika tak ada garansi, Anda perlu mencek keasliannya.

Tetapi, jika dari cek fisik Anda belum yakin, jangan beli dulu. Anda perlu cek menu di dalamnya. Misalnya, mencek IMEI, yaitu informasi lengkap mengenai spesifikasi smartphone yang ingin Anda pilih.

Dengan cek nomor IMEI yang tertera di kardus kemasan dan di ponsel atau belakang baterai. Jika ada kesamaan berarti itu produk asli.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman untuk mencek power bank Samsung original dan palsu atau replika, Anda bisa mengajak teman atau siapa yang bisa membantu untuk mencek produk yang akan Anda beli itu asli atau palsu.

Ini adalah sangat penting supaya Anda benar-benar mendapatkan produk yang original yang dijamin berkualitas. Bukan produk abal-abal. Walaupun, secara fisik tampak seperti asli.

Di bawah ini gambar penyimpan daya merek Samsung palsu. Saat dibuka, isinya hanya 5 baterai tanpa merek. Di luarnya tertulis berkekuatan 85.000mAh, tetapi di dalamnya ya hanya sekitar 12.000mAh.

power bank samsung palsu

Penyimpan daya palsu juga bisa membuat smartphone Anda mengalami gangguan, bahkan kerusakan karena tidak stabilnya daya yang diakibatkan oleh penggunaan power bank Samsung palsu.

Tidak hanya menyangkut merek Samsung, alat penyimpan daya merek apa pun, jika itu ternyata palsu, Anda pasti akan menderita kerugian.

Merek lain yang terkenal dan laris juga ada yang dipalsukan. Maksudnya, ada pula oknum yang menjual produk palsu dengan nama seperti produk asli.

Hanya saja, jika Anda ingin membeli powerbank Samsung asli, Anda harus bersedia merogoh kocek lebih dalam. Harga yang asli memang tidak murah. Tetapi, dijamin kualitas produk terbaik dan Anda akan merasa puas dengan layanan dan manfaat produk yang Anda beli.

Cek Harga Power Bank Samsung Asli

Harga Powerbank Samsung Asli/Original

Seperti telah dijelaskan di atas, harga power bank Samsung asli adalah mahal. Jika Anda menerima tawaran harga sangat murah, Anda perlu curiga. Jangan-jangan itu palsu.

Berikut ini adalah daftar harga beberapa powerbank Samsung asli / original:

1. Samsung Battery Pack 9500 mAh Dual Charging Original – Rp 799.000.

Pengisian daya berlangsung cepat, bisa mengisi dua perangkat sekaligus. Ada kabel terpadu microUSB untuk pengisian perangkat microUSB dan port USB untuk pengisian universal untuk pengisian dua perangkat sekaligus.

2. Samsung Universal Battery Pack Edisi Golden Monkey

Ini adalah edisi khusus Monkey Golden dengan kapasitas 11.300mAh dengan garansi 6 bulan. Ada kabel micro usb menyatu dengan power bank. Ada juga output USB tambahan. Harga produk ini adalah Rp 650.000.

3. Samsung Original Universal Battery Pack Animal Edition.

Tidak ada garansi untuk tipe ini. Harga Rp 599.000.

4. Samsung External Battery Pack Animal Edition 8.400mAh

Power bank ini bisa untuk mengisi daya smartphone, perangkat GPS, konsole game portabel, dan tablet. Bisa untuk mengisi daya smartphone Anda hingga tiga kali. Ada lampu LED untuk mengecek sisa daya. Sementara, harga lebih rendah, yaitu Rp 492,513.

5. Samsung Battery Pack Original – 9000 mAh – Hitam

Yang ini bisa Anda gunakan untuk mengisi daya smartphone, tablet, dan perangkat lainnya. Dengan kapasitas besar, ia bisa mengisi daya tiga smartphone dan satu tablet. Jadi, cukup efesien dengan power bank ini.

Harganya adalah Rp 649.000, dengan garansi  6 bulan. Ada lampu LED untuk mengecek daya powerbank Anda. Lampu merah tanda sedang melakukan pengisian daya untuk smartphone dan lampu hijau tanda baterai terisi penuh.

power bank samsung palsudari tuxlin.com

6. Samsung Battery Pack 9500 mAh Dual Charging Original

Harga tipe ini lebih mahal, yaitu Rp 799.000. Anda mendapatkan garansi satu tahun untuk pembelian produk ini. Dengan daya yang besar, Anda bisa menggunakan produk ini mengisi daya smartphone hingga tiga kali. Atau mengisi dua smartphone sekaligus. Juga bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain seperti tablet Anda.

7. Samsung Original Universal Battery Pack Animal Edition – 8.400 mAh

Ini adalah salah satu alat penyimpan daya merek Samsung berharga rendah, yaitu Rp 379.000.

Ya, ini adalah sekadar contoh tentang harga power bank yang asli atau original. Harganya memang agak mahal, tetapi dijamin kualitasnya sangat baik. Anda jangan terjebak untuk membeli harga murah dengan kapasitas sangat besar, tetapi akhirnya Anda menyesal.

Power bank yang Anda beli ternyata hanya merepotkan dan merugikan Anda. Bahkan, bisa menimbulkan kerugian fatal jika smartphone Anda ikut mengalami gangguan atau ada bagian yang rusak gara-gara harga murah dan palsu.

Keluhan tentang power bank yang diperkirakan palsu cukup banyak di internet. Anda bisa membaca sendiri di sana.

Tips Menghindari Pembelian Power Bank Palsu

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari pembelian produk palsu, khususnya power bank Samsung palsu.

Setiap orang sesungguhnya tidak suka dengan apa saja yang palsu. Tetapi, ada perilaku lain yang dieksploitasi sehingga orang terjebak untuk membeli produk palsu.

  1. Jangan terjebak dengan tawaran harga murah. Apalagi, sangat murah. Jika ada tawaran seperti itu, Anda harus menelisik benarkah produk itu dijual murah atau karena produk palsu. Artinya, jika Anda menerima tawaran harga murah, tanyakan apakah produk itu asli atau palsu.
  2. Cek dulu keasliannya. Apakah produk yang ditawarkan itu memiliki ciri-ciri sebagai produk asli. Terutama jika Anda ingin membeli produk harga mahal seperti power bank Samsung 9000mAh. Produk ini dijual Rp 800.000. Anda harus pastikan produk yang Anda beli adalah asli dan berkualitas tinggi. Ini berarti Anda perlu memiliki sedikit pengetahuan tentang produk yang akan Anda beli.
  3. Memberikan garansi. Ini sangat penting. Jika ternyata produk yang Anda beli adalah palsu, Anda bisa mengembalikannya. Saat melakukan transaksi, Anda harus menerima kuitansi dengan catatan ada garansi.
  4. Pilih penjual yang bisa dipercaya dan telah dikenal, baik penjual itu toko online atau offline. Mereka harus bisa dimintai tanggung jawab jika ada sesuatu yang tidak benar.
  5. Ada baiknya sebelum membeli, Anda memiliki referensi tentang produk yang akan Anda beli. Anda bisa mencari informasinya di internet. Banyak informasi yang bisa Anda dapatkan. Ya, salah satunya adalah artikel ini.

Demikianlah uraian yang bisa penulis sampaikan mengenai power bank Samsung asli dan palsu. Semoga bermanfaat, bisa menjauhkan Anda dari praktek penipuan dengan menjual produk palsu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*