Sering Terjadi Lag saat Main Game? Aplikasi Khusus Ini Bisa Membantu Anda

cara mengatasi lag pada game

Seorang pembaca blog ini, Numz, bertanya tentang RAM pada Treq Basic 3.

“RAMnya masih 512 MB. Apa ggak nge-lag ya buat main game? Tapi wajar juga sih, menyesuaikan harga juga,” tulisnya di blog BelanjaKeren.com ini.

Pembaca lain, Ferry, juga menanyakan hal yang sama. Tanya dia, Saya juga mengalami masalah yang sama..apakah ada solusinya? Dengan kata lain, bagaimana cara mengatasi lag pada game. Atau, terjadi lag saat main game.

Kedua pembaca blog ini mengajukan pertanyaan tentang lag setelah membaca tentang tablet treq basic 3. Tablet ini harganya murah, tetapi kualitasnya tinggi. Hanya karena kurang promosi, tablet ini kurang dikenal secara luas.

Ada treq basic 3 harga Rp 500-an ribu, Rp 700-an ribu atau Rp 1 jutaan. Sementara, tablet treq 2 disediakan untuk anak-anak. Isinya banyak pelajaran, seperti pelajaran membaca, berhitung, menulis, pengetahuan umum, dsb.

Sebelum membahas cara mengatasi atau menghilangkan lag (lemot) dari tablet atau smartphone Anda, ada baiknya kita ketahui dulu apa lag itu dan apa saja penyebabnya.

Lag adalah keterlambatan respons Android saat mengeksekusi suatu perintah (membuka aplikasi atau kembali ke home, misalnya).

Mengapa terjadi lag?

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya lag pada tablet, smartphone atau perangkat lain Anda. Beberapa di antara penyebabnya adalah:

  1. Lag terjadi karena rendahnya spesifikasi hardware seperti RAM. Sementara, Anda menggunakan untuk aktivitas yang menuntut RAM tinggi, misalnya untuk main game. Atau, RAM penuh.

  2. Lag juga bisa disebabkan oleh sistem operasi yang kurang optimal saat mengelola potensi hardware.

  3. Terlalu banyak aplikasi yang Anda install. Solusinya, buang aplikasi yang tak penting.

  4. Memori internal penuh. Ya, solusinya adalah membuang cache. Cache yang penuh bisa membebani memori internal Anda.

Gunakan Aplikasi Seeder untuk Atasi Lag saat Main Game

Ternyata, lag tidak hanya menimpa tablet atau smartphone kelas rendahan yang harganya murah. Lag juga bisa terjadi pada perangkat Androit high-end seperti pada Samsung Galaxy S5.

Lalu, bagaimana cara mengatasi lag pada game ?

Anda tak perlu khawatir. Dalam kaitan ini, kini telah ada aplikasi untuk meminimalkan lag. Aplikasi itu dinamai Seeder. Aplikasi ini juga sekaligus bisa meningkatkan performa tablet Android Anda.

Anda bisa menginstal aplikasi Seeder dari Google Play. Dengan menginstall aplikasi ini, tablet Anda akan lebih responsif. Scroll menjadi lebih halus dan aplikasi bisa diluncurkan dengan cepat.

Berdasarkan hasil tes yang dilakukan para member XDA, Seeder bisa membuat perangkat Android Anda lebih responsif dengan performa sangat baik. Jadi, dengan penggunaan aplikasi seeder adalah cara agar main game tidak lag

Anda ingin segera mencobanya? Ya, silakan !

Tetapi, aplikasi ini tidak gratis. Anda harus membayar $ 1.85.

Namun, bagi Anda yang tak ingin membayar atau tidak ingin membeli, Anda bisa menginstallnya dari Google Play Store. Ya, Anda bisa mendownload secara gratis melalui thread resmi di Forum CDA.

Tetapi, untuk menginstall aplikasi Seeder, Anda perlu rot tablet atau smartphone Anda. Setelah itu, aktifkan aplikasinya dengan pencet tombol ON.

Lalu, centang seluruh item di Konfigurasi Seeder.

Ada tiga pilihan pada RNG Service Performance Profile. Ketiga pilihan itu adalah:

1. Light: gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

2. Moderate: Pindah ke moderate dari light jika ingin melakukan program yang agak berat.

3. Aggresive: Ubah ke poin ini jika Anda ingin main game HD atau game berat.

Kini, Anda bisa tenang untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan tablet atau smartphone Anda. Anda tak akan dipusingkan oleh lag lagi seperti hari-hari sebelumnya.

Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Lag pada Game dengan Menggunakan Tablet. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi pembaca yang mengajukan pertanyaan tentang problem ini. Terima kasih.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*