6 Cara Praktis untuk Menghemat Baterai Laptop Acer

hemat baterai laptop

DAYA baterai laptop Acer Anda cepat habis? Bagaimana cara menghemat baterai laptop? Ya, ini sangat penting diketahui oleh siapa saja yang punya laptop Acer atau laptop lain.

Tetapi, ada juga teman yang salah cara menghemat baterai laptop. Ia sering melepas baterai dari laptop dengan harapan baterai bisa bertahan lama.

Apa yang terjadi?

Baterai justru cepat rusak sebelum waktunya. Artinya, baterai seharusnya mampu bertahan hingga tiga tahun. Tetapi, baru satu tahun sudah rusak.

Jika sudah rusak, ya sebaiknya ganti saja dengan baterai baru. Baterai lama tak bisa dipertahankan lagi. Itu justru merepotkan Anda. Toh, harga baterai laptop Acer juga tidak mahal.

Tanda baterai laptop Anda telah rusak adalah dayanya cepat habis. Baru saja baterai selesai dicas, tetapi hanya beberapa jam dipakai sudah habis. Laptop Acer Anda tidak bisa bekerja dengan baik.

Padahal, dulu baterai ini bisa bertahan cukup lama. “Tetapi, mengapa sekarang daya baterai laptop cepat habis? Apa penyebab baterai cepat ngedrop?”, tanya dia ke BelanjaKeren.

harga baterai laptop acerBELI ORIGINAL: belilah baterai laptop acer yang original di dealer resmi

Ya, ada beberapa penyebab. Tetapi, salah satu yang menonjol adalah baterai rusak. Ia tidak bisa bekerja dengan normal sehingga dayanya cepat habis atau ngedrop.

Langkah apa yang sebaiknya harus Anda ambil?

Ya, cara termudah adalah mengganti dengan baterai laptop baru. Baterai lama tak mungkin bisa diperbaiki.

Mengganti Baterai Laptop yang Lama Lebih Efisien

Dengan mengganti baterai laptop, Anda justru bisa berhemat. Baik dari segi biaya, waktu, maupun efisiensi kerja.

Dengan baterai baru, laptop Acer Anda bisa berfungsi dengan maksimal. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai aktivitas tanpa terganggu oleh melemahnya baterai.

Ini berarti pekerjaan Anda bisa berlangsung lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan tetap mempertahankan baterai lama.

Harga baterai laptop Acer juga tidak mahal, kok. Ya, sekitar Rp 300-an ribu hingga Rp 600-an ribu. Tergantung kapasitasnya.

Tetapi, Anda akan lebih hemat jika Anda menggantinya dengan batre Laptop Acer yang baru. Kerja Anda akan lebih efisien, nyaman, dan lebih cepat selesai.

harga baterai laptopLEPAS BATERAI: melepas baterai laptop untuk dibersihkan

6 Cara Menghemat Baterai Laptop Acer

Setelah baterai laptop Anda diganti dengan baterai laptop yang baru tak berarti pekerjaan Anda selesai. Anda masih punya tugas baru dengan baterai baru Anda.

Apa itu? Ya, Anda perlu menggunakan baterai laptop dengan cara benar dan tepat sehingga ke depannya baterai bisa bertahan lama. Setidaknya, sesuai dengan ancangan pembuatnya.

Artinya, jika diperkirakan baterai akan mampu bekerja dengan baik selama 3 tahun, Anda bisa membuatnya menjadi 3,5 tahun. Bukan menjadi 2 tahun sudah tak bisa dipakai lagi.

Beberapa tips berikut ini penting untuk menghemat baterai laptop Acer Anda. Baterai laptop Anda mampu bertahan untuk waktu yang lama.

1. Bersihkan Laptop dari Kotoran

Jika kotoran dan debu menutup lubang-lubang di laptop Anda, baterai akan cepat panas. Ini bisa mengurangi usia baterai.

laptop layar sentuhLAYAR CERAH: cara atur kecerahan layar: mengurangi atau menambah

2. Layar Laptop Jangan Terlalu Cerah

Mengapa?

Layar laptop terlalu cerah akan mengonsumsi banyak daya baterai. Anda bisa mengatur kecerahannya dengan mengklik control panel > hardware sound > power option.

Tetapi, juga jangan terlalu gelap. Ya, sedang-sedang saja.

3. Tutup Aplikasi yang Tak Digunakan

Menggunakan banyak aplikasi juga bisa membuat baterai boros. Sebaiknya matikan aplikasi yang tak digunakan. Cara menonaktifkan aplikasi juga mudah kok.

4. Matikan Wifi

Matikan Wifi jika memang tidak digunakan. Apalagi, jika Anda memang tidak ingin terhubung dengan Wifi atau Anda berada di area yang tak ada koneksi dengan WiFi, sehingga tidak memakan banyak daya.

5. Bersihkan Kutup Baterai Rutin

Tak hanya lubang laptop yang perlu dibersihkan seperti tips nomor 1. Tetapi, kutup baterai juga harus selalu bersih dari kotoran atau debu.

Jika tertutup, kerja baterai lebih berat. Banyak energi dikeluarkan. Baterai jadi boros.

6. Jangan Lepas Baterai dari Laptop

Sering melepas baterai dari laptop justru berakibat tidak baik. Baterai cepat rusak. Anda mengoperasikan laptop dengan energi baterai atau listrik, baterai tak perlu dilepas.

memperbaiki baterai laptopMEMPERBAIKI: memperbaiki baterai laptop, tetapi jika tak bisa sendiri, bawa aja ke tempat servis

Harga Baterai Laptop Acer Terbaru

Berapa harga baterai laptop Acer terbaru?

Ya, harga baterai macam-macam. Tergantung pada tipe, model, dan kapasitasnya. Misalnya, baterai laptop berkapasitas 4400mAh, 4600mAh, dsb, tentu harganya berbeda-beda.

Ya, harga baterai laptop Acer berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribuan. Anda bisa memilih baterai laptop Acer sesuai dengan keinginan Anda dan dana yang tersedia.

Baca Juga: 8 Smartphone dengan Baterai Tahan Lama

Tentu saja, yang jauh lebih penting adalah cara penggunaan sehingga baterai laptop mampu bertahan untuk waktu yang lama. Laptop Acer pun akan bekerja dengan baik.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi hemat baterai agar baterai laptop tidak boros. Ya, banyak cara bisa Anda gunakan sebagai penghemat baterai.

Semoga artikel tentang Cara Menghemat Baterai Laptop Acer ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*