Silakan Download Aplikasi Penghemat Baterai untuk Smartphone Anda

SALAH satu kelemahan besar dari smartphone android adalah boros baterai. Bagaimana cara mencegahnya? Silakan download penghemat baterai. Ia akan mengatur berbagai fitur di smartphone Anda supaya tidak boros.

Saya kira, Anda semua mengalami yang namanya boros baterai. Baru beberapa jam smartphone digunakan, baterainya sudah drop. Kekuatannya tidak seperti saat Anda mulai menggunakan.

Ini adalah pertanda bahwa kapasitas baterai Anda menurun. Dayanya mulai berkurang. Jika sisa kapasitas tinggal 20%, saatnya Anda kembali mencharge baterai smartphone Anda.

Banyak faktor yang membuat kapasitas baterai smartphone Anda cepat turun (drop). Apalagi jika handpone digunakan untuk berbagai aktivitas secara bersamaan, seperti Whatsapp, Instagram, BBM, Line, Facebook, Twitter, dsb.

Bisa dipastikan kapasitas baterai Anda akan cepat habis atau cepat turun. Anda harus segera bersiap untuk menchargenya lagi.

Tujuh Aplikasi Penghemat Baterai Smartphone

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk mencegah kapasitas baterai cepat turun. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi khusus untuk itu. Anda bisa download aplikasi penghemat baterai.

Anda bisa mendownload penghemat baterai yang Anda inginkan. Berikut ini ada tujuh aplikasi penghemat baterai yang bisa kamu pilih.

Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi, tetapi empat ini cukup populer dan banyak yang menggunakannya.

1. Battery Booster

battery boosterOTOMATIS: hemat baterai secara otomatis

Aplikasi ini sangat bagus. Ia telah menyediakan grafik dan chart secara detail tentang apa saja yang mempengaruhi kinerja baterai Anda.

Aplikasi ini, bahkan bisa mematikan atau menonaktifkan beberapa fitur yang dianggap tidak perlu. Atau dianggap dapat menguras daya baterai.

Selain itu, ia juga bisa menghemat daya baterai secara otomatis. Misalnya,
ia akan mematikan beberapa aplikasi yang masih berjalan saat kapasitas baterai menurun seperti bluetooth, wifi, dsb.

Demikian juga ketika baterai sangat panas. Aplikasi battery booster akan memberi tahu Anda dengan memberikan suara sebagai tanda Anda harus mematikan semua aplikasi yang membebani.

2. Android Booster

android boosterPERUSAHAAN BESAR: banyak vendor gunakan aplikasi ini seperti sony, lg, samsung, dsb.

Aplikasi penghemat baterai android ini sangat terkenal. Selain untuk menghemat baterai android, ia juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja smartphone Anda.

Aplikasi Android Booster juga menyediakan beberapa fitur unggulan. Misalnya:

  • task killer
  • monitoring baterai
  • mendongkrak kinerja memori
  • aplikasi manager
  • trafik data dan widget shortcut yang memudahkan pengoperasikan ponsel android.

3. Green Power

green powerMUDAH: penggunaannya mudah, efisien, dan cepat

Fungsi utama dari aplikasi green power ini adalah mengelola koneksi nirkabel sebagai alat penghemat baterai. Ia dapat mengatur berbagai fitur secara otomatis, seperti wifi, koneksi data, dan bluetooth. Penggunaan aplikasi ini sangat praktis dan mudah.

4. Juice Defender

Juice Defender PANJANG USIA:  dirancang khusus untuk memperpanjang usia baterai

Aplikasi penghemat baterai yang satu ini juga punya kinerja yang bagus. Ia bisa menghemat baterai cukup tinggi. Sama seperti Green Power, aplikasi ini juga bisa mematikan fitur wifi, 3G, dan 2G saat diperlukan.

5. Avast Battery Saver

avast battery saverBATERAI AWET: membuat baterai Anda mampu bertahan lama

Anda mengenal Avast? Ya, ia adalah pengembang aplikasi anti-virus yang sangat populer. Hampir semua pengguna kamputer, laptop dan lainnya, pernah menggunakan, atau paling tahu tentang aplikasi antivirus Avast.

Kini, ia juga memproduksi aplikasi penghemat baterai android. Cara kerja aplikasi ini adalah mematikan Wifi jika tidak ada sinyal untuk itu.

Ia juga membatasi koneksi internet ketika masuk lock screen dengan setting 5, 10, 15 atau setengah jam sesuai dengan konfigurasi profil yang Anda gunakan.

6. Du Battery Saver

du battery saverLEBIH LAMA: daya baterai anda menjadi tak cepat habis.

Aplikasi ini juga layak dipilih. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini. Salah satunya adalah informasi mengenai status pengisian daya baterai yang bisa Anda baca di layar smartphone.

Dengan informasi ini, Anda bisa mengetahui sudah berapa persen daya baterai digunakan dan kapan Anda harus isi ulang. Selain itu, daya baterai tak cepat habis.

“Biasanya, saya harus charge baterai tiap 15 jam sekali. Dengan aplikasi ini, baterai bisa dipakai sampai 20 hingga 30 jam. Jadi, baterai tidak cepat habis,” kata seorang teman.

7. Battery Doctor

battery doctorDOKTER: ini adalah dokter power bank yang sakit

Ya, nama aplikasi ini sedikit unik karena pakai kata “doctor”. Mungkin maksud dari pembuatnya adalah aplikasi ini tak ubahnya seperti dokter.

Ia menyembuhkan power bank Anda dari segala macam penyakit yang mengganggu sehingga tidak bisa berfungsi optimal.

Hal-hal yang dilakukan oleh aplikasi ini adalah mengatur tingkat kecerahan ponsel, mengelola aplikasi dan juga RAM.

* **

Aplikasi mana yang akan Anda pilih, ya semua terserah Anda. Semua aplikasi memiliki kinerja yang cukup baik untuk menghemat baterai. Silakan download salah satu aplikasi penghemat baterai yang Anda pilih. Lain kali bisa mencoba aplikasi lainnya.

Cara kerja dan kapasitas masing-masing memang tidak sama. Tetapi, tujuan sama: kapasitas baterai smartphone Anda tidak cepat habis atau dayanya tidak cepat menurun.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*