2018, Smartphone Merek Apa yang Bakal Menguasai Pasar?

Posted on

Tahun 2017 segera meninggalkan kita. Tidak lama lagi kita akan memasuki tahun baru. Lalu, smartphone atau handphone terlaris 2017 merek apa? Smartphone mana yang bakal merajai pasar Indonesia pada tahun 2018?

Masih seperti tahun 2016 lalu, diprediksi smartphone produksi Samsung dan Apple merupakan handphone terlaris tahun 21017. Walaupun smartphone dari daratan China terus membuntutinya. Bahkan, Huawei, Oppo dan Vivo mampu meningkatkan angka penjualan yang tidak kecil.

Perusahaan riset Gartner seperti dikutip Liputan6 merilis data penjualan di seluruh dunia selama kuartal I 2017. Hasilnya, Samsung dan Apple masih menguasai pasar 34,4 persen.

Samsung mampu menguasai pasar hingga 20,4% dengan penjualan 78,6 juta pada kuartal I 2017. Sementara, Apple mampu meraih sukses dengan angka 13,7% dengan penjualan 51,9 juta unit. .

Tetapi, dibandingkan dengan capaian tahun 2015, angka itu menurun cukup lumayan. Baik apa yang dialami oleh Samsung maupun Apple. Penjualan Samsung dan Apple mengalami penurunan sekitar 2%.

Sebaliknya, smartphone produk China mengalami peningkatan sampai 7% dari tahun sebelumnya.

Menurut lembaga riset itu, setidaknya ada 2 faktor yang menyebabkan smartphone produk China mampu menghadapi pesaing raksasa Samsung dan Apple.

Ke-2 faktor itu adalah harga jual smartphone asal China memberikan harga yang kompetitif, yang lebih murah dibandingkan dengan produk lain. Apalagi penjualan di negara-negara yang sebagian penduduk masih berpendapatan pas-pasan seperti Indonesia.

Produk smartphone harga murah dengan kualitas baik selalu menjadi incaran konsumen. Apalagi, faktor sukses berikutnya, harga penjualan yang murah. Kualitas smartphone dipadu dengan harga terjangkau merupakan kekuatan sebagian besar produk smartphone asal China.

handphone terlaris
samsung (sumber:pricepony.com.ph)

5 Smartphone Paling Laris di Indonesia, Bagaimana dengan Smartphone Anda?

Bagaimana dengan pasar smartphone tahun 2017 di Indonesia? Smartphone merek apa yang dominan, mampu menguasai pasar terbesar? Bagaimana dengan tahun 2018?

Pertama: Samsung masih merupakan merek smartphone atau handphone terlaris atau paling disukai oleh konsumen Indonesia. Smartphone Samsung mampu menguasai 30% pasar Indonesia.

Urutan kedua diduduki oleh smartphone Oppo, yaitu Oppo A37. Smartphone yang datang dari China ini menguasai pasar (market share) 25,5%.  Oppo sukses meraih penjualan terbanyak ke-2 di Indonesia.

Posisi ketiga: dipegang Advan. Ini adalah produk dalam negeri yang kini mulai merajai pasar kelas bawah. Selain produknya berkualitas, harga Advan juga murah. Smartphone Advan mampu meraih pasar hingga 8,3 %.

Urutan keempat adalah smartphone Vivo V5 yang menguasai pasar 7,5%.Smartphone Vivo V5 hadir di Indonesia mulai bulan November 2016. Smartphone dengan harga Rp 3 jutaan ini mengandaklan kamera selfie berkapasitas 20 megapiksel.

Nomor 5: Xiaomi menduduki urutan kelima dengan persentase capaian menguasai pasar 6,2 persen. Ada dua produk yang tergolong laris dalam penjualan, yakni Xiaomi Redmi 4A dan Xiaomi Note 4X.

Dari ke-5 produk smartphone paling laris di Indonesia. Handphone Advan adalah satu-satu merek dari produksi dalam negeri. Meskipun produk dalam negeri, Advan termasuk agresif dalam pemasaran.

Pernah ia memproduksi smartphone bekerja sama dengan klub sepakbola dunia, yakni klub Barcelona. Selain dari segi pemasaran, Advan juga terus meningkatkan kualitas produknya dengan harga terjangkau.

Smartphone Redmi 4X Melesat ke Puncak

Tetapi dari segi tipe smartphone, id.priceprice.com merilis bahwa pada 2017 smartphone Xiaomi Redmi 4X berhasil menembus posisi puncak. Sebelumnya, posisi puncak diraih oleh Redmi 4A.

Melesatnya popularitas Redmi 4X cukup mengejutkan. Hanya dalam waktu beberapa bulan, ia bisa menggeser pendahulunya. Baterai jumbo 4.100 mAh menjadi unggulan utama yang membuat smartphone sangat disukai konsumen.

Desain smartphone yang bagus dengan layar 5 inci HD 720 X 1280 piksel juga menjadi daya tarik yang besar bagi konsumen. Ditambah 2.5 Curved Glass membuat smartphone ini tampak mewah.

Didukung prosesor Snapdragon 435 dan grafis Adreno 505 membuat smartphone Redmi 4X seperti perangkat premium.

Kamera utama berkapasitas 13MP dan kamera selfie 5MP mampu mengabadikan momen-mone penting untuk Anda.

Redmi 4X menjalankan OS Android Marshmallow dan telah dibekali dengan sensor sidik jari. Sektor kamera Redmi 4X juga lebih dari sekadar lumayan dengan kamera utama 13MP dan kamera selfie 5MP untuk mengabadikan momen-momen berharga. Harga termurah Xiaomi

Redmi 4X saat ini berada di level Rp1.350.000 yang tersedia dalam pilihan warna Matte Black, Cherry Pink, dan Champagne Gold.

Ada dua lagi jenis smartphone produksi Xiaomi yang mampu menduduki 5 besar dalam penjualan melalui id.price.com. Kedua smartphone Xiaomi itu adalah Redmi 4A dan Xiaomi Note 4X.

Smartphone Redmi 4A tadinya juga menduduk peringkat pertama penjualan. Tetapi, dengan masuknya Redmi 4X bulan Maret 2017 lalu, maka Redmi 4A tergeser dan digantikan oleh Redmi 4X.

Harga smartphone Redmi 4X cukup murah, yakni Rp 1,1 juta. Sementara, harga smartphone Redmi Note 4X dipatok Rp 1,5 juta.

Dua lainnya dari 5 smartphon paling laris di id.priceprice,com adalah smartphone Samsung Galaxy J3 Pro (J3110) dan Samsung Galaxy J2 Prime. Smartphoe yang terakhir ini diluncurkan Oktober 2016. Jadi, belum lama.

Samsung Galaxy J2 Prime dilengkapi kamera selfie 5MP dan layar LED flash. Ini bisa menyajikaf menghasilkan kualitas gambar tetap terjaga. Meskipun pada tempat dengan kondisi kurang cahaya. Sedangkan untuk kamera utamanya, Samsung Galaxy J2 Prime dibekali kamera beresolusi 8MP

One thought on “2018, Smartphone Merek Apa yang Bakal Menguasai Pasar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *