Harga Xiaomi Redmi 3 Vs Xiaomi Redmi 2

xiaomi redmi 3

XIAOMI Redmi 3 mulai meramaikan pasar smartphone Indonesia. Kualitas lebih tinggi, harga tetap murah. Bandingkan dengan Xiaomi Redmi 2, salah satu seri sebelumnya.

Dengan spesifikasi lebih tinggi, Xiaomi Redmi 3 dipatok dengan harga murah, yaitu sekitar Rp 1.900.000. Ya, harga Xiaomi Remi 3 ini tidak jauh beda dengan Xiaomi Redmi 2 (lebih murah sedikit)  atau Redmi 2 Prime (lebih mahal sedikit).

Tidak ada acara peluncuran khusus untuk memperkenalkan smartphone baru ini. Xiaomi Indonesia hanya mengumumkan melalui situs resminya dengan memajang foto Redmi 3 beserta fitur-fiturnya.

Sebagaimana pada Redmi generasi sebelumnya, Redmi 3 juga menggunakan spesifikasi yang cukup tinggi. Tetapi, ia dijual dengan harga yang relatif murah.

Ya, seperti smartphone produksi vendor asal China yang umumnya dijual dengan harga tidak terlalu mahal. Produk mereka akrab dengan kantong-kantong tipis konsumen.

Xiaomi Redmi 3 hadir dengan menggunakan layar 5 inci dengan kapasitas 16GB. Ia didukung oleh resolusi 720p. Sementara, bodi dibuat dari logam dengan pola di bagian belakangnya.

Ia menggunakan spesifikasi SoC Snapdragon 616 octa-core buatan Qualcomm yang dikombinasikan dengan RAM 2GB.

Kapasitas penyimpanannya cukup besar, 16GB. Itu masih bisa ditingkatkan hingga 128GB menggunakan kartu microSD.

Besaran kamera pun cukup memadai, yaitu 13 MP untuk kamera belakang dan 5MP untuk kamera depan.

redmi 3MELIMPAH: harga murah fitur melimpah pada redmi 3

Kapasitas Baterai Xiaomi Redmi 3 Terbesar: 4.100mAh

Kapasitas baterainya juga cukup besar, yaitu 4.100 mAh. Ini lebih besar dibandingkan dengan smartphone kelas high-end.

Anda bisa membandingkan dengan iPhone 6s Plus. Ia hanya menggunakan baterai 2.750mAh. Samsung juga tak jauh beda. Samsung seri terakhir, yaitu Samsung Galaxy S6 Plus, hanya ditenagai oleh baterai 3.000 mAh.

Dengan baterai berkapasitas 4.100mAh dan lebar layar hanya 5 inci dengan resolusi 720p, baterai Redmi 3 lebih irit.

Ada yang telah mencoba tes, penggunaan daya baterai ini dua kali lipat lebih lama digunakan dibandingkan dengan baterai seri-seri Xiaomi Redmi sebelumnya.

Ternyata, perusahaan yang mampu mendatangkan Xiaomi Redmi 3 ke Indonesia adalah JD.id. Ia adalah perusahaan e-commerce raksasa asal China yang belum lama ini membuka cabang di Jakarta.

Harga Xiaomi Redmi 3 dipatok Rp 1.875.000 dengan tiga pilihan warna. Yaitu, grey, gold, dan silver.

Xiaomi Redmi 3 Vs Xiaomi Redmi 2

redmiYANG MANA: lebih baik mana, redmi 3 atau redmi 2

Dibandingkan dengan seri sebelumnya, Xiaomi Redmi 3 ini tidak menggunakan material plastik. Produk terbaru itu menggunakan material metal mengkilap (magnesium alloy) dengan desain unibody.

Tentu saja, ini lebih bagus dibandingkan dengan material plastik. Hanya saja, ia lebih berat. Pendahulunya, Redmi 2 masih menggunakan plastik sehingga bobotnya lebih ringan.

Tetapi, Xiaomi Redmi 3 tak dilengkapi dengan fitur sidik jari seperti seri sebelumnya.  Sementara, motif kotak-kotak menghiasi sisi belakang sehingga ia tampak unik.

Prosesornya pun menggunakan CPU 8-core Qualcomm Snapdragon 616 1,5 GHz. Ini akan membuat smartphone berjalan mulus dengan performa yang sangat baik. Seri sebelumnya menggunakan prosesor quad core.

Apalagi, ditambah dengan RAM 2 GB. Seri sebelumnya hanya 1GB. Maka, multitasking pun akan berlangsung lebih cepat dan lancar.

Anda pun bisa mengakses berbagai menu yang tersedia, termasuk untuk main game dengan mulus. Handphone baru ini bisa bekerja lebih optimal.

Memori internal juga meningkat dari 8GB menjadi 16GB. Meskipun demikian, harga smartphone ini tetap murah seperti disebutkan di atas.

Smartphone ini ditujukan kepada entry level. Sama dengan smartphone Xiaomi Redmi 2 dan Redmi 2 Prime.

Kekurangan Xiaomi Redmi 3 adalah tidak adanya pelindung yang sekaligus membuat smartphone anti-gores. Mungkin tujuannya supaya harga Xiaomi Redmi terbaru ini tetap murah.

Ya, Anda sebaiknya setelah membeli smartphone ini, melengkapinya dengan fitur antigores. Siapa tahu, handphone Redmi Anda tergores suatu benda atau jauh tanpa sengaja.

Dengan fitur anti-gores, smartphone Anda akan aman. Walaupun terjatuh, tetap tak ada lecet yang bisa mengurangi performa smartphone Anda.

xiaomi redmiBERSAMA iPHONE: bandingkan iphone (kiri) dan xiaomi redmi

Smartphone Xiaomi Vs Samsung dan Apple

Ya, hampir semua smartphone bikinan Xiaomi memang sangat terkenal. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Terutama di China, tempat asalnya.

Bahkan, banyak pihak yang menyamakan Xiaomi dengan Apel dari Amerika. Xiaomi sering disebut sebagai Apel dari Timur. Tepatkah sebutan itu? Entahlah.

Yang jelas, Xiaomi adalah perusahaan mobile internet yang mendedikasikan diri untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek.

Perusahaan ini didirikan tahun 2010. Tetapi, ia berkembang dengan pesat. Hanya dalam waktu empat tahun, namanya sudah berkibar di dunia.

Mulanya, Xiaomi dikenal sebagai perusahaan smartphone yang memproduksi flagship, yakni Xiaomi Mi. Kini, ia menjadi perusahaan pembuat smartphone terbesar ke-3 di dunia setelah Samsung dan Apple.

Tidak hanya memproduksi smartphone. Kini, ia juga memproduksi TV box, smart TV, smart router, smart band, action camera, power bank dan masih banyak lagi.

Untuk distribusi produk-produknya ke Indonesia, Xiaomi menunjuk JakartaNotebook sebagai distributornya. Distributor ini mendatangkan semua produk Xiaomi untuk pasar Indonesia.

Harapannya, semua konsumen Indonesia bisa menikmati kecanggihan teknologi Xiaomi tiap kali perusahaan itu merilis produk baru. Dari sinilah muncul istilah Xiaomi Indonesia, Xiaomi Mi3 Indonesia atau Xiaomi di Indonesia.

Xiaomi mulai resmi masuk Indonesia akhir Agustus 2014.
Beberapa smartphone produk Xiaomi sukses memasuki pasar Indonesia. Di antaranya adalah smartphone Redmi Note 2 dan Note 3.

Xiaomi Jarang Merilis Produk Baru

Tidak seperti vendor lain yang rajin menghasilkan smartphone baru sehingga bisa menjual banyak merek. Xiaomi justru kebalikannya. Ia jarang merilis produk baru. Paling hanya dua kali dalam satu tahun.

Yang dipentingkan adalah kualitas produk. Bukan kuantitas. Xiaomi dan Apple sama-sama suka membuat berbagai inovasi atas produk-produk yang dihasilkan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*