Power Bank Samsung 38000mAh Palsu?

power bank samsung 38000mah

Benarkah Ic Power Bank Samsung 38000mAh palsu? Power bank ini memiliki kapasitas sangat besar, tetapi dijual dengan harga murah.

Pertanyaannya, benarkah ia adalah asli? Benarkan harga yang ditawarkan adalah harga power bank Samsung yang wajar?

Ya, saya bertanya ini karena ingin membeli power bank Samsung, tetapi saya harus memastikan itu adalah produk asli. Saya tak ingin salah pilih karena namanya saja produk palsu. Tentu saja, kualitasnya rendah. Bahkan, cenderung menipu.

Saya pun berselancar di Internet untuk mencari informasi mengenai produk terbaik dengan harga terjangkau. Akhirnya saya menemukan Ic Power Bank Samsung Cell Inside 38.000mAh di sebuah toko online yang djual dengan harga Rp 199.000.

Woww.. murah sekali ini, komentar saya dalam hati.

Tetapi, pertanyaan saya, benarkah ia powerbank Samsung asli? Apakah harga power bank Samsung itu harga wajar dan rasional?

Atau sebaliknya, ia adalah produk palsu?

Saya tak ingin salah pilih seperti banyak konsumen. Mereka membeli produk ini hanya karena harga murah dengan kapasitas sangat besar.

Eh, akhirnya mereka mengalami kerugian karena power bank yang mereka beli tidak bisa berfungsi dengan baik. Bisa-bisa malah merusak smartphone mereka.

Oleh karena itu, saya perlu hati-hati saat membaca tawaran harga murah, apalagi sangat murah.

Akhirnya saya menemukan artikel seorang konsumen di Semarang yang menulis pengalamannya membeli power bank Samsung 38000mAh yang ternyata palsu.

Bisa untuk Ngecas iPad, Smartphone, dsb.

powerbank palsu

SERBUK: baterai ternyata isi pasir

Tetapi, heran saya, mengapa Ic Power Bank Samsung Cell Inside 38.000mAh dijual di toko online besar di Indonesia, seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dsb?

Toko-toko online itu menawarkan power bank ini dengan harga beragam, Rp 180-an ribu – Rp 190-an ribu. Harga itu setelah mendapatkan diskon 50%. Tetapi, ada juga yang menjual harga hampir Rp 400.000.

Banyak konsumen telah membeli power bank ini. Sebagian dari mereka pun memberikan ulasannya. Tetapi, umumnya review mereka pendek. Terdiri dari dua sampai lima kalimat sehingga belum menyentuh persoalan, apakah asli atau palsu, seberapa jauh ketahanannya.

Di sebuah toko online itu ada 20 review dari konsumen. Sebagian besar memberikan ulasan atas kecepatan pengiriman produk yang dibelinya.

Rahmat Nur Hidayat, misalnya, menyatakan, setelah power bank ia coba gunakan selama 3 hari pakai, kapasitasnya cepat habis.

Dia membandingkan dengan power bank lain yang dimilikinya dengan kapasitas 26.000mAh. Secara kualitas, dia kurang puas dengan power bank Samsung 38.000mAh.

Lain dengan pernyataan konsumen Aisyah. Ia mengatakan sangat puas menggunakan produk ini. Berhari-hari tidak habis.

Ponti Sagara, konsumen lain, menyatakan bahwa powerbank diantar dengan cepat dan dikemas dengan baik. Barang sesuai dengan gambar dan spesifikasinya. Pas untuk kebutuhan supply listrik untuk smartphone dan basic phone.

Dia menyatakan terima kasih dikasih diskon gede.

samsung power bank palsuTIDAK MEMPRODUKSI: surat jawaban Samsung

Menurut keterangan Lazada, Power Bank IC Power ini berkualitas tinggi.

Tujuannya menyediakan tenaga cadangan untuk perangkat mobile Anda. Produk ini berkapasitas 38.000mAh yang sangat berguna untuk menambah daya baterai Anda.

Dengan kapasitas besar, ia bisa untuk mencharge iPad, smartphone, perangkat GPS, konsol game portabel, perangkat Bluetooth, dan banyak lagi. Untuk mencharge power bank Anda merlukan waktu 16 – 20 jam.

Sementara, untuk outpuput charging cukup 2-3 jam. Dengan itu, Anda dapat dengan cepat mengisi daya smartphone atau perangkat digital lainnya.

Power bank Samsung ini mempunyai tiga output. Ini membuat Anda bisa mengisi daya untuk 3 perangkat sekaligus.

Baterainya Berisi Pasir dan Serbuk Kayu

Kembali ke ulasan seorang konsumen pada awal artikel yang menyatakan power bank Samsung 38.000mAh itu palsu. Artikelnya dimuat di http://beritaberaking.blogspot.co.id.

Tulisan lanjutannya, “…ada juga produk powerbank Samsung palsu 38000mAH yang ternyata isinya baterai palsu. Isi 5 baterai, tapi yang baterai asli cuma 1. Sementara, 4 baterai lainnya berisi pasir.”

Sebelumnya, ia telah menggunakan produk palsu itu untuk mencharge (ngecas) hp dalam keadaan hidup sebanyak tiga kali. Pernah ngecas 30 menit hanya nambah 20%. Berikutnya, ngecas 45 menit hasilnya juga 20%.

Akhirnya, ia bongkar power bank bermasalah itu. Ternyata, isinya baterai palsu. Ada yang diisi dengan pasir, dan lainnya diisi dengan serbuk gergajian kayu.

Meskipun tertipu karena membeli power bank palsu, ia tetap happy. Kok bisa? Ya, bisalah. Jika baterainya rusak tinggal diganti dengan ori samsung Li-Ion 4.3 v 2800 mAh harga Rp 50 ribu – Rp 100 ribu.

Atau diganti dengan ori panasonic Li-Ion 4.3 v 2250 mAh seharga Rp 40 ribu – Rp 70 ribu. Beres.

Ya, dia memang ahli dalam perhapean.

Dalam blognya, ia juga memuat surat konfirmasi dari Samsung Indonesia. Apa jawaban Samsung Mobile Indonesia? Katanya, “..kami tidak pernah mengeluarkan produk Powerbank. Terima kasih.” Lihat pada gambar di atas.

Itulah beberapa catatan mengenai salah satu tipe power bank Samsung. Ya, pilihan sepenuhnya terserah kepada Anda. Ingin pilih yang asli, yang palsu, yang mahal, sedang, murah atau lainnya.

Atau, power bank Samsung 38000mAh yang dijual di Lazada – juga di toko online lain – itu memang asli. Ia dijual dengan garansi 3 bulan.

Harga power bank Samsung yang ditawarkan bisa menjadi tanda awal untuk bertanya apakah produk yang dijual itu asli atau palsu. Apalagi, harga terlalu murah yang tidak rasional.

Sementara, yang ditemukan di pasar kaget Jatiendah adalah produk palsu. Ia dibeli bukan dari toko terkenal.

Berikut ini link untuk artikel 13 tips tentang memilih power bank terbaik. Silakan kunjungi untuk mengetahui power bank terbaik yang ingin Anda beli.

NOTE: Baca Juga 13 Tips Memilih Power Bank Terbaik.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*