Jangan Beli Power Bank Xiaomi Harga Murah

power bank xiaomi yang palsu

YA, betul. Anda jangan membeli power bank Xiaomi dengan harga murah. Apalagi, sangat murah. Anda pasti tertipu. Power bank yang Anda beli adalah palsu.

Hingga kini, ternyata masih banyak orang tertipu dalam pembelian power bank. Umumnya mereka belum berpengalaman membeli power bank dan kurang informasi mengenai power bank yang asli.

“Wah, saya tertipu. Saya baru saja beli Power Bank Samsung 198.000mAh seharga Rp 57.000. Saya beli dari situs (toko online) ternama, Bukalapak,” tulis Sugih, konsumen, di ponselmu.com.

Ada beberapa konsumen yang mengungkapkan dirinya tertipu karena membeli power bank palsu. Ya, mereka membeli karena tertarik harga power bank murah dan kapasitas sangat besar.

Jadi, tak hanya power bank Xiaomi yang dipalsukan. Power bank terkenal lainnya seperti Samsung, juga banyak dipalsukan.

Sebagai produk yang sangat laris, banyak orang berniat mendapatkan keuntungan dengan cara mudah dan curang. Salah satu caranya adalah dengan membuat power bank Xiaomi atau power bank Samsung palsu.

Salah satu ciri termudah dari produk palsu adalah harga dijual sangat murah. Misalnya, harga power bank Xiaomi asli dijual Rp 200 ribu lebih. Tetapi, produk palsu dijual sangat murah, misalnya, Rp 125.000.

Power Bank Palsu Mirip dengan Power Bank Asli

Apa ciri-ciri power bank Xiaomi palsu?

Seorang pembeli menyatakan pernah membeli power bank Xiaomi dengan kapasitas 10400mAh yang ternyata palsu.

Saat membeli, ia sudah membandingkannya dengan gambar-gambar tentang power bank Xiaomi original (asli) dan palsu. Ia juga bertanya kepada penjual dan penjual menjamin itu asli.

Akhirnya, ia beli power bank itu dengan harga Rp 110 ribu. Eh, ternyata produk itu palsu. Dari segi luar seperti casing, kabel data, kertas pembungkus dan kotak mika, produk itu tampak asli. Tak mudah membedakan antara yang original dan palsu.

Ia bisa memastikan palsu setelah membuka power bank yang telah dibelinya. Baterainya warna hijau tidak bermerek (yang asli menggunakan baterai LG atau Samsung).

Sementara, PCB-nya berwarna merah.

Ia hanya bisa menggunakan power bank palsu itu sekali saja. Setelah itu, power bank tidak bisa digunakan. Tak bisa dicharge, apalagi untuk ngecas smartphone atau perangkat lain.

Ya, tampaknya si pemalsu juga makin pintar. Ia buat power bank palsu yang hampir sama persis dengan aslinya sehingga penjual eceran pun tidak tahu bahwa produk yang dijualnya itu palsu.

Apalagi, konsumen awam. Mereka tidak akan mampu membedakan mana produk asli dan mana produk palsu hanya dari pandangan luar.

Spesifikasi Power Bank Xiaomi Asli

Untuk memastikan bahwa power bank yang ingin Anda beli adalah original dan power bank terbaik, Anda perlu mengetahui spesifikasi dan ciri-cirinya.

Berikut ini beberapa ciri power bank Xiaomi original dan palsu:

1. Tampilan casing

Yang asli: lebih mate matte/doft.
Yang palsu: casingnya tampil lebih mengkilat. Terlihat nyata jika disandingkan.

2. Label bagian bawah

Asli: Label tulisan tentang kapasitas power bank agak samar-samar.
Palsu: Berbeda dari yang asli, label tulisan pada power bank palsu justru jelas sekali

3. LED indicator dan Port USB

Asli: port micro USB warna putih dan lubang LED lebih kecil. Cahayanya akan lebih fokus ketika lampu menyala.
Palsu: Port micro USB warna hitam. Lubang LED lebih besar. Sementara, cahayanya menyebar ketika lampu menyala

Cara Memilih Power Bank Xiaomi Asli

Power bank Xiaomi terdiri dari empat jenis, yakni berkapasitas 5000mAh, 10000mAh, 10400mAh, dan 16000mAh.

Jika membeli power bank, Anda sebaiknya memilih power bank dengan kapasitas dua kali lebih besar dari kapasitas baterai smartphone Anda.

Misalnya, baterai smartphone Anda berkapasitas 2000mAh, Anda sebaiknya membeli power bank dengan kapasitas 5000mAh. Tujuannya, power bank bisa digunakan untuk mencharge baterai smartphone beberapa kali.

Cara seperti itu lebih efisien. Anda tidak perlu mencharge power bank tiap kali akan mencharge baterai smartphone.

Anda sebaiknya membeli power bank di tempat penjualan yang memastikan produk yang dijual adalah original. Baik di toko offline ataupun online.

Toko online besar, tetapi penjualnya bukan pemilik toko online, juga sulit pertanggungjawabannya. Ya, seperti toko swalayan (supermarket). Banyak juga pedagang luar yang menyewa ruang di swalayan itu untuk jualan.

Biarpun Anda beli suatu produk di suatu swalayan besar, tetapi penjualnya adalah pedagang lain yang menyewa counter di swalayan itu.

Intinya, Anda harus hati-hati dan selektif untuk menghindari pembelian power bank palsu. Salah satu indikasi asli atau palsu adalah harga yang ditawarkannya. Produk palsu biasanya dijual sangat murah.

Pilihlah power bank yang benar-benar asli sehingga bisa bekerja dengan baik dan tahan lama. Power bank Xiaomi yang original menjamin produknya berkualitas tinggi.

2 Comments on Jangan Beli Power Bank Xiaomi Harga Murah

  1. Mas, saya bru bli pb xiaomi 10000 mAh, dari ciri fisik dan chasing sangat persis asli, kode produk saya masukkan ke verifikasi Pun tembus…tapi kok tulisanya 10000 mah ya, pdhl di web mi resmi cm ada ukuran 10400 mah. Apa itu asli? saya kurang tau cara buka chasing jd tdk berani takut komponen rusak. Trm ksh

    • Tampaknya, kasus semacam itu sering terjadi. Apakah itu terjadi karena pb yang dipesan tidak ada lalu ditukar yang ukurannya hampir sama (10000 mAh dan 10400mAh). Di Lazada, terkadang juga muncul pertanyaan seperti yang Anda alami. Tetapi, semua itu asli. Apakah itu hanya teknis pelayanan atau gimana. Tak pernah ada penjelasan resmi. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*