Solar Charger dan Solar Cell Power Bank, Anda Pilih Mana?

soal charger

APA beda antara solar charger dan solar cell power bank? Ada juga power bank solar atau power bank tenaga matahari (surya). Mana yang tepat untuk Anda?

Solar charger adalah penyedia tenaga listrik yang hanya terdiri dari solar cell dan regulator pengatur tegangan. Bentuknya lebih lebar dan besar dibandingkan dengan solar cell power bank.

Cell solar hanya bisa digunakan siang hari. Mengapa? Karena ia hanya bisa mendapatkan sumber tenaga dari sinar matahari. Kan, sinar matahari hanya ada di siang hari. Tul kann??

Sebaliknya, solar cell power bank juga bisa mendapatkan sumber tenaga dari listrik karena memiliki baterai seperti halnya power bank biasa. Artinya, power bank ini bisa mendapatkan tenaga atau daya dari sinar matahari dan dari tenaga listrik. Ya, ia lebih fleksibel.

Saat Anda sedang naik gunung bersama teman grup hingga beberapa hari dan tak menemukan colokan listrik, Anda bisa mengisi daya power bank Anda dengan sinar matahari.

Tetapi, begitu sampai di rumah, Anda bisa mengisi dayanya dengan tenaga listrik. Ya, terserah Anda. Hanya mengisinya dari sinar matahari atau menggunakan tenaga listrik.

Atau, menggunakan tenaga listrik saat hari itu tak ada sinar matahari karena terhalang mendung. Ini sering terjadi di musim penghujan.

Kelemahannya adalah ukuran panelnya kecil sehingga perlu waktu lama untuk mencharge baterai smartphone.

Lain halnya dengan solar charger. Ia punya watt lebih besar sehingga bisa digunakan mencharge (mencas) beberapa gadget sekaligus saat ada sinar matahari.

Salah satu contoh adalah solar charger merek Goal Zero. Anda bisa membawa perangkat ini ke mana saja Anda pergi karena bobotnya sangat ringan.

Yang tidak ringan adalah harganya. Berapa?

solar chargerSEMUA GADGET: bisa untuk mengisi daya semua gadget Anda

Cara Memilih Solar Charger Terbaik

Berikut ini adalah tips untuk memilih charger solar terbaik. Tidak banyak toko yang menjual perangkat ini. Beda dengan solar cell powerbank. Banyak toko menjualnya, termasuk toko-toko online besar seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, dsb.

Jika Anda ingin membeli solar charger, Anda sebaiknya memilih yang telah dioptimalkan daya USB-nya. Ia lebih efisien. Charger ini terdiri dari beberapa tipe sesuai dengan besar wattnya. Antara 3 watt hingga 20 watt.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih solar charger:

  1. Jika Anda akan menggunakan untuk mencharge smartphone, MP3 player, atau tablet, Anda bisa beli dengan kapasitas 3 watt atau 5 watt. Jika digunakan untuk mencharge tablet PC, beli solar panel 7 watt atau 10 watt.
  2. Pengisian daya bisa optimal jika matahari bersinar terang. Jika langit berawan atau mendung, tentu pengisian daya tidak bisa berlangsung efektif. Jadi, manfaatkan secepatnya saat cuaca cerah. Tentu saja, ini hanya berlaku di saat musim penghujan. Jika musim kemarau, tentu tak ada problem. Matahari bersinar terang sepanjang siang.
  3. Ini hanya saran. Jika Anda ingin memiliki daya yang lebih besar untuk cadangan pada malam hari, Anda bisa menggunakan solar charger bersama lithium-ion (Li-lon) power bank. Anda bisa mengisi daya pada power bank Li-lion siang hari, lalu malamnya digunakan untuk mencharge smartphone Anda (jika membutuhkan).

solar chargerDUA HP: solar charger isi daya dua smartphone sekaligus

Harga Solar Charger

Berapa harga solar charger?

Ya, harganya memang agak mahal. Yaitu antara Rp 750 ribu hingga Rp 2 juta, tergantung besaran wattnya.

Seperti dikatakan di atas, solar charger ini ringan membawanya tetapi berat harganya. Tentu saja, bagi Anda yang punya dana berlebih dan sangat membutuhkan, harga tak masalah.

Misalnya, Anda ingin naik gunung yang tinggi dan perlu beberapa hari, tentu saja perangkat ini sangat Anda perlukan. Atau, Anda mendapat tugas di  daerah atau pulau terpencil yang belum tersedia listrik.

Perangkat ini jelas sangat membantu. Anda pasti sangat memerlukan solar charge ini. Tidak hanya untuk komunikasi dengan orang-orang di jangkauan wilayah kerja Anda, tetapi juga dengan keluarga di lain pulau.

Saya punya tetangga. Anaknya baru beberapa bulan lulus jadi dokter. Kini, si dokter itu mendapatkan tugas di pulau terpencil di wilayah Maluku Utara yang belum ada listrik.

Dengan apa ia bisa berkomunikasi dengan dunia luar, dengan teman dan keluarga? Di sini solar charger atau power bank matahari sangat diperlukan.

Yang penting perangkat itu mampu memecahkan masalah Anda. Perangkat ini bisa digunakan hingga beberapa tahun, setidaknya tiga tahun.

Power Bank Solar Cell untuk Semua Gadget

solar sell power bankPOWERBANK: isi daya powerbank solar cell sambil berjalan…

Berbeda dengan charger solar, solar cell power bank atau power bank solar cell lebih murah dan ukurannya lebih kecil sehingga lebih ringan. Karena itu, pengisian daya ke perangkat ini lebih lama.

Tetapi, yang menggembirakan ia bisa untuk mengisi daya semua gadget. Ya, smartphone, tablet, laptop, dsb.

Ditambah, Anda bisa membeli solar cell power bank ini di semua tempat penjualan handphone dan sejenisnya. Walaupun, namanya berbeda-beda.

Demikian pula harganya, tergantung dari kapasitasnya. Solar cell power ban atau power bank solar dengan kapasitas besar, tentu lebih mahal. Ini yang umum. Meskipun, ada juga beberapa dengan kapasitas besar tetapi harga lebih murah.

Ya, semua tergantung pada fitur-fitur atau kualitas produk yang tersedia. Harga produk ini dari Rp 50 ribu hingga Rp 400 ribu. Anda bebas untuk memilihnya.

Ya, pilih antara solar charger dan solar cell power bank atau power bank solar cell.

Demikian informasi mengenai Solar Charger dan Solar Cell Power Bank. Anda bisa memilih mana yang Anda suka. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*