Tablet Advan X7, Kelebihan dan Kelemahannya

advan x7

TABLET Advan x7 milikku sering banget hang. Pas aku buka aplikasi tiba-tiba hang, layarnya hitam dan tidak bisa dipencet. Duh benci banget aku… Kenapa jadi gini…. ! Punya kalian gimana? Apa sama juga kayak punyaku…..” tulis Ariyanti tentang tablet Advan X7.

Konsumen lain, Riatul Fadli, bertanya, “Mengapa tombol navigasinya tidak hilang pada games boya poker sehingga tampilan tidak full.”

Masih banyak pertanyaan serupa yang diajukan oleh pengguna tablet Advan Vandroid x7. Apakah itu pertanda produk gadget ini berkualitas rendah? Lebih-lebih advan x7 ini produk dalam negeri dengan harga murah.

Jawabannya tentu saja tidak. Banyaknya pertanyaan di beberapa blog atau situs forum tidak selalu mencerminkan itu sebagai tanda bahwa tablet yang dipermasalahkan adalah berkualitas buruk.

Banyak pertanyaan muncul karena pengguna adalah pemula. Mereka belum memahami betul tentang penggunaan tablet secara baik dan benar, termasuk berbagai aplikasinya.

Sementara, tablet dan produk gadget lainnya memiliki berbagai standar dan kelas atau tingkatan yang berbeda. Misalnya, kelas dasar, menengah dan atas. Tentu saja, jumlah dan kualitas perangkat, fitur dan aplikasinya juga tidak sama.

Ini memerlukan perlakuan yang berbeda-beda. Misalnya, tablet dengan kapasitas baterai rendah, menengah dan tinggi. Tentu, ketahanannya tidak sama, demikian pula perlakuannya.

beli advan vandroid x7HEMAT BATERAI: tablet hemat baterai karena prosesor terintegrasi dengan modem 42Mbps

Pemerhati: Advan X7 adalah Tablet Canggih

Seperti diulas sebelumnya, tablet Advan Vandroid X7 sesungguhnya adalah tablet canggih. Banyak pemerhati juga menyatakan seperti itu.

Apalagi, tablet terbaru ini merupakan hasil kerja sama pabrikan Advan dan Intel Atom yang sudah dikenal di dunia sebagai pembuat prosesor andal. Tentu saja, tablet ini juga dilengkapi dengan prosesor Intel dan sistem operasi terbaru, Android Lollipop.

Itu semua jelas merupakan jaminan kualitas produk.

Hanya masalahnya, saya kira, harga tablet Advan x7 adalah murah, yaitu sekitar Rp 1 jutaan (Rp 900.000 – Rp 1,2 juta). Tentu saja, dengan harga segitu, ia tidak bisa memberikan kualitas produk secara maksimal.

Tablet ini sesungguhnya canggih dengan spesifikasi andal. Ia pun memiliki berbagai kelebihan.

Selain yang sudah disebutkan di atas, yakni menggunakan prosesor Intel dan sistem operasi Android Lollipop, ia juga dibekali dengan Dual SIM (GSM-GSM) dan menggunakan jaringan 2G GSM untuk kelancaran komunikasi.

Dengan Dual SIM, Anda bisa mendapatkan kemudahan untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman, di mana pun Anda berada.

advan vandroid

CEK TABLET: konsumen coba cek tablet advan x7 di sebuah counter

Jangan Bandingkan Advan X7 Lawan Tablet Mahal

Dengan jaringan 3G ditambah koneksi data GPRS dan EDGE, koneksi internet menjadi sangat mudah. Meskipun, Anda sedang berada di suatu lokasi yang belum terlayani oleh jaringan 3G.

Advan Vandroid x7 ini juga menggunakan layar 7 inci multitouch dengan teknologi layar IPS LCD Capacitive touchscreen yang mampu menciptakan hingga 16 juta warna.

Masih banyak kelebihan yang dimiliki oleh tablet Advan x7. Misalnya, RAM 1GB, kamera utama 2MP dengan lampu LED flash, prosesor bertenaga Quad Core dengan kecepatan 1GHz, dsb.

Memori internalnya juga besar, yakni 8GB. Itu masih ditambah memori eksternal microSD dengan kapasitas maksimum 32GB.

Kini, apa saja kelemahan dari Advan x7?

Yang jelas, tablet ini tidak dilengkapi dengan pelindung layar. Padahal, ini sangat penting untuk berjaga-jaga jika tablet terjatuh, kena benda lain sehingga tidak tergores.

Ya, karena tidak dilengkapi fitur anti-gores, Anda harus berhati-hati dengan tablet ini. Anda harus membuat ia jangan sampai terjatuh. Anda harus meletakkannya di tempat yang paling aman, tidak terjangkau oleh si kecil Anda, misalnya.

Ya, tablet saya pernah terjatuh dari atas kursi gara-gara ditarik oleh keponakan saya usia 3 tahun. Tablet akhirnya rusak karena kelalaian saya meletakkannya tidak di tempat yang aman.

Kelemahan lain adalah kapasitas kamera depan yang hanya VGA. Ditambah belum menggunakan jaringan 4G LTE.

advan vandroidBEROTAK CANGGIH: slogan tablet advan vandroid x7 dalam berbagai iklannya

Terakhir, kapasitas baterai hanya berkapasitas 2500mAh.

Setelah melihat kekuatan dan kelemahan, saya kira Anda semua sepakat untuk menyatakan bahwa tablet ini sebenarnya berkualitas tinggi dengan harga jual murah.

Tentu saja, kualitas di sini jangan dibandingkan dengan tablet harga Rp 3 juta – Rp 5 juta atau yang lebih mahal lagi.

Tetapi, bandingkan dengan tablet merek lain dengan harga yang sama, yakni Rp 1 jutaan. Dengan begitu, Anda bisa mengambil kesimpulan yang imbang, jujur dan adil.

Sasaran utama tablet ini adalah pelajar dan mahasiswa sebagaimana tercermin dalam slogannya “bermain 3D game dan belajar lebih bersama”.

Telah tercapaikah target itu?

Ya, waktu yang akan menentukan. Yang jelas, tablet Advan x7 masih disukai konsumen. Ini dari berbagai data di internet. Selamat.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*