Nyamannya Puasa dan Mudik Berkat Aplikasi Ramadhan

Posted on

WAH, semua fitur berkaitan dengan pelaksanaan ibadah Ramadhan telah disiapkan oleh Google. Dari persiapan puasa, pelaksanaan puasa, zakat fitrah, dan sebagainya, semua telah disiapkan oleh Google. Kita, umat Islam tinggal menggunakannya sesuai dengan kepentingan masing-masing.

Menurut Marketing Head Google Indonesia Veronica Utami, informasi yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat adalah jadwal shalat dan arah kiblat. Ini yang paling banyak dicari oleh pengguna selama bulan Ramadhan.

“Informasi yang berkaitan dengan ibadah seperti jadwal puasa, arah kiblat, informasi tentang zakat fitrah menjadi keyword (kata kunci)yang paling meningkat karena banyak yang mencarinya” kata dia di Jakarta.

Cara Menemukan Arah Kiblat dengan Aplikasi Ramadhan

 

aplikasi ramadhan

Untuk menemukan arah kiblat dan jadwal shalat, tambah Veronica Utami, lebih mudah Anda lakukan melalui Google Search. Cukup dengan mengetik kata kunci “Ramadhan'” seluruh pencarian akan muncul.

Demikian pula dengan pencarian daftar jadwal shalat. Cara pencarian jadwal shalat di Google kini juga menjadi lebih mudah dan cepat.

Anda bisa mencari jadwal shalat tiap hari dan bisa mencari daftar jadwal shalat selama satu bulan. Mulai shalat subuh sampai shalat isyak per hari.

Jadwal Shalat di Perjalanan

Fitur Google berkaitan dengan ibadah Ramadhan juga dilengkapi dengan penunjuk arah Kiblat. Terutama bagi Anda yang bepergian jauh.

Tidak hanya di ruang terbuka, di hotel-hotel terkadang kita menemukan kesulitan untuk menentukan arah kiblat sewaktu shalat.

Kini di dalam penginapan seperti hotel, tidak semua penginapan melengkapi informasi arah kiblat bagi tamu yang ingin menjalankan shalat lima waktu.

Google hadir dengan Qiblat Finder untuk mengetahui arah ke kiblat ke mana. Dengan cara ini, Anda bisa menjalankan shalat dengan tenang dan khusyuk. Shalatnya menjadi mantab.

Yang menarik pencarian arah kiblat ini sudah menggunakan augmented reality (AR) di smartphone Anda. Setelah memasukan kata kunci (keyword) Ramadhan, Anda akan mendapatkan pilihan tab Petunjuk Kiblat.

Silakan klik item Petunjuk Kiblat dan pilih Anda sekarang sedang berada di negara mana. Misalnya Indonesia.

Setelah itu, Anda cukup menggerak-gerakkan kamera dan tak lama kemudian titik arah kiblat yang tepat muncul. Anda juga bisa mengetahui berapa jarak Anda berada dengan arah Ka’bah.

“Augmented reality menggabungkan dunia maya dan dunia nyata. Lalu, dibantu dengan kamera smartphone kita,” kata Veronika Utami.

Yang jauh lebih penting, apa yang disajikan oleh Google melalui berbagai fitur dalam kaitan pelaksanaan ibadah Ramadhan, semua didasarkan pada data yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama. Selain itu, juga sudah disesuaikan dengan lokasi pengguna.

“Kami merilis berbagai fitur baru berkaitan dengan bulan Ramadhan ini untuk membantu melancarkan keseharian berpuasa umat. Fitur-fitur ini membuat Ramadhan dan Hari Raya menjadi lebih bermakna,” tambah Veronica Utami lagi.

Aplikasi untuk Game, Daftar Restoran, Film…

Selain berbagai fitur seperti disebutkan di atas, Anda juga bisa memanfaatkan Google Asisten. Misalnya mengatur alarm agar menyala di waktu sahur.

Anda bisa menyampaikan perintah suara kepada fitur alarm dengan mengatakan seperti “hidupkan alarm pukul 3 pagi”.

Bahkan, ada juga rekomendasi berbagai aplikasi yang bisa Anda manfaatkan. Termasuk game, promo buku dan film selama Ramadhan.

Bekerja sama dengan Qraved, Google juga menghadirkan daftar “Restoran Untuk Bukber (buka bersama)”, yang telah dikurasi sesuai dengan lokasi terdekat pengguna.

Layanan pencarian peta (layanan Maps) diperkuat berkaitan dengan momen Ramadhan dan mudik.

Maka, bekerja sama dengan pemerintah, Google juga memperbarui berbagai informasi mengenai rute perjalanan mudik/balik terbaik, rest area, posko mudik, dan posko kesehatan.

Semua informasi sebagaimana digambarkan di atas, dirangkum di dalam Maps dan infomudik.go.id pada tab “Mudik bersama Google”.

Tersedia juga berbagai video pada tab “YouTube Creator on The Rise”. Isinya adalah video-video dari YouTube yang tengah naik daun.

YouTube Creator on The Rise ini tidak hanya ada selama Ramadan, tetapi juga di bulan-bulan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.