Cara Memperbaiki Baterai Hp yang Cepat Ngedrop…

Posted on

Mas, baterai smartphone saya kok cepat ngedrop. Apa penyebanya ya? Dan, bagaimana cara mengatasi?

Itulah pertanyaan seorang teman tentang baterai smartphone atau Hp miliknya yang cepat ngedrop. Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami hal yang sama. Walaupun, kasusnya tidak sama persis.

Ada beberapa cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop. Caranya tidak sulit. Anda busa melakukan sendiri atau meminta bantuan kawan. Berikut ini beberapa cara mengatasi baterai hp ngedrop.

1. Nonaktikan Aplikasi yang Boros Baterai

Perlu diketahui, smartphone itu menggunakan perangkat lunak dengan multifungsi. Beragam multifungsi atau yang disebut aplikasi itu rawan terjadi crash/kesalahan sofware, registry, dsb.

Karena itu, Anda perlu hati-hati. Anda harus melakukan hemat daya. Mengapa? Ya, karena smartphone itu memiliki aplikasi yang selalu hidup (on) terhadap jaringan internet.

Walaupun, Anda tidak menggunakannya, Hp tetap bekerja. Apalagi, smartphone dengan banyak aplikasi.

Selain aplikasi bawaan, Anda terkadang menginstal aplikasi baru. Makin banyak aplikasi terinstal, makin berat beban kerja smartphone Anda.

Oleh karena itu, cara terbaik adalah menonaktifkan atau membuang aplikasi yang tidak penting tetapi boros baterai. Anda bisa cek aplikasi mana yang boros baterai dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih opsi Battery.

Dengan membuka tap Batteray, Anda busa melihat statistik aplikasi mana yang menyedot banyak daya baterai. Di situ ada data persentase penggunaan daya baterai dari semua aplikasi yang ada di Hp Anda.

2. Jangan Bebani Hp Anda dengan Aplikasi Berlebihan

Mengapa smartphone cepat panas dan baterai ngedrop?

Anda perlu tahu persis tentang kapasitas, spesifikasi dan hardware smartphone atau ponsel Anda.

banyak aplikasiBANYAK APLIKASI: jangan bebani hp dengan banyak aplikasi, beraattt…

Tujuannya supaya Anda tidak membebani baterai secara berlebihan. Sekaligus, Anda perlu tahu cara merawat beterai smartphone dan hemat daya dan hemat baterai.

Misalnya, Anda harus menghindari instal aplikasi-aplikasi berat seperti aplikasi untuk terhubung ke internet. Kecuali, daya baterai Anda besar, misalnya lebih dari 1000mAh atau bahkan lebih dari 10.000mAh.

Instal aplikasi jejaring sosial dan game, misalnya. Aplikasi facebook, twitter, BBM, skype, whatsapp, dsb. Semua itu bisa menguras daya baterai Anda.

Jika aplikasi itu aktif, ia akan tetap bekerja selama terhubung dengan internet. Walaupun Anda sedang tidur.

Saat Anda browsing internet, sumber daya baterai Anda akan bekerja sangat ekstra. Tentu saja, ini akan membuat daya tahan baterai Anda turun.

Jika kapasitas baterai kecil, kurang dari 1000mAh, ya cepat ngedrop. Atau, Hp cepat panas.

Jadi, di sini Anda perlu hemat daya baterai. Cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop antara lain Anda harus menonaktifkan aplikasi yang sudah tidak diperlukan tetapi boros baterai.

Bahan dasar pembuatan hardware ponsel juga sangat berpengaruh pada daya tahan baterai Hp Anda. Jika bahan itu berkualitas rendah, tentu tidak tahan lama dan cepat panas.

3. Jangan Browsing Internet sambil Dengar Musik

Menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan (multitasking) juga bisa menjadi penyebab baterai cepat ngedrop. Misalnya, mendengarkan musik sambil browsing di internet atau bermain facebook.

Ponsel terus menyala juga bisa menjadi penyebab baterai ngedrop. Anda sebaiknya selalu mengistirahatkan smartphone Anda.

Caranya adalah dengan melepas baterai.

Ya, seperti Anda, smartphone juga perlu istirahat untuk menghilangkan kelelahan dan mengembalikan energi.

Baterai juga punya kemampuan terbatas karena usia. Setelah usia dua tahun, biasanya kinerja baterai menurun.

4. Kesesuaian dengan Charger

Cara mengatasi baterai hp ngedrop yang lain adalah penggunaan power bank. Ini dilakukan terutama jika Anda bepergian jauh dan tidak mudah menemukan tempat untuk mencharge smartphone dengan listrik.

Tetapi, jika Anda mengembalikan daya tahan smartphone menggunakan power bank, Anda perlu memperhatikan kesesuaian dengan voltage dan ampere mesin dan baterai ponsel. Jika tak sesuai, itu bisa menjadi penyebab kerusakan Hp Anda. Daya baterai pun cepat ngedrop.

cara kalibrasi hp android

5. Lakukan Kalibrasi

Kalibrasi adalah metode untuk mengembalikan sistem pengaturan baterai smartphone Android agar kembali seperti sediakala.

Ada beberapa cara untuk melakukan kalibrasi. Tetapi, cara termudah adalah melakukan kalibrasi smartphone / Hp tanpa harus mengunduh aplikasi dan root.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisi ulang baterai hingga penuh. Setelah baterai terisi penuh, cabut charger dan matikan smartphone.

Setelah smartphone mati, lakukan lagi pengisian daya sampai baterai terisi penuh. Setelah baterai penuh, cabut lagi charger, hidupkan smartphone, dan biarkan lampu latar belakangnya hidup terus. Anda bisa melakukan ini di opsi “Tampilan” di menu pengaturan.

Sekali lagi isi ulang daya baterai sampai 100 % dalam kondisi smartphone hidup. Lalu, charger dilepas dan smartphone bisa dipakai lagi hingga daya baterai habis.

Sampai di sini, kalibrasi smartphone atau Hp Anda selesai. Anda dapat mengisi ulang dayanya seperti biasa. Hp tidak akan mudah ngedrop lagi. Cara seperti bisa Anda lakukan lahi jika baterai Hp kembali ngedrop.

Sebenarnya masih ada beberapa cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop sehingga smartphone / Hp Anda tidak cepat panas dan rusak. Tetapi, beberapa tips di atas adalah cara praktis dan mudah dilakukan.

Yang penting, Anda harus menggunakan smartphone/ Hp dengan cara yang tepat dan aman, terutama penggunaan aplikasi yang kini makin menjamur.

Baca juga: 12 Tips Mengatasi Penyebab Smartphone Cepat Panas.

One thought on “Cara Memperbaiki Baterai Hp yang Cepat Ngedrop…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *