8 Penyebab Baterai Hp Cepat Habis dan Cara Memperbaikinya

Posted on

PENYEBAB baterai Hp cepat habis – Punya Hp yang baterainya cepat habis tentu tidak nyaman. Meski fitur-fitur lainnya sangat baik. Layar, prosesor, RAM, sistem operasi, dll cukup baik. Hanya kapasitas baterai kecil dan cepat habis. Itu keluhan yang sering disampaikan oleh pemilik Hp.

Tetapi, apa yang sesungguhnya terjadi? Benarkah keluhan dari pemegang Hp seperti itu? Bagaimana cara mengatasi baterai hp cepat habis? Apa saja penyebab baterai Hp cepat habis? Bagaimana cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis?

Kalau keluhan semacam itu datang dari pemilik Hp yang sudah memakainya sejak beberapa waktu lalu, misalnya 1 tahun, 2 tahun, itu pantas. Tetapi, bagaimana keluhan semacam itu bisa terjadi pada baterai baru? Adakah cara memperbaiki atau mengatasi baterai Hp yang seperti itu?

6 Penyebab Baterai Hp Cepat Habis – Mana yang Dominan pada Hp Anda

Baterai Hp cepat habis sesungguhnya bukan hanya karena kapasitas baterai yang kecil. Banyak faktor yang bisa membuat daya baterai Hp cepat habis. Baterai dengan kapasitas besar pun bisa cepat habis akibat berbagai faktor.

Berikut ini beberapa penyebab baterai Hp cepat habis. Anda sebaiknya menghindari atau mengatasi penyebab baterai Hp yang cepat habis. Cara itu tidak sulit. Anda pasti bisa melakukan sendiri.

Apa saja penyebab batu baterai Hp cepat habis?

1. Pemakaian aplikasi pada Hp terlalu berlebihan sehingga terjadilah overload. Apalagi ketika Anda menggunakan beberapa aplikasi berat secara bersamaan. Ini jelas bisa membuat daya baterai cepat tergerus dan baterai mati.

penyebab baterai hp cepat habis
aplikasi membuat baterai hp cepat habis (foto:ambiguistis.blogspot.com)

2. Ada aplikasi yang boros baterai. Anda bisa cek pada Hp Anda aplikasi mana yang paling boros menggunakan daya baterai. Jika sudah Anda ketahui aplikasi mana yang boros baterai, maka nonaktifkan aplikasi itu ketika tidak digunakan. Lalu, aktifkan lagi saat Anda menggunakannya. Atau hapus saja aplikasi yang tidak penting dan jarang Anda gunakan. Meskipun Anda tidak menggunakannya, aplikasi itu tetap menggerus daya baterai Anda. Kecuali Anda menonaktifkan.

3. Pemakaian cahaya Hp yang terlalu terang. Ini juga bisa membuat baterai cepat terkuras habis. Maka, pengaturan cahaya perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak cepat menguras daya baterai. Lakukan pengaturan secara manual sesuai dengan kebutuhan. Jangan selalu membuat pengaturan otomatis (auto-brightness).

4. Anda menggunakan peralatan charge (pengisian daya) yang bukan bawaan dari Hp yang Anda miliki. Misalnya, Anda mencharge Hp Samsung menggunakan peralatan charger milik Xiaomi. Ini membuat proses pengisian daya baterai tidak bisa optimal.

5. Jangan menghidupkan Hp saat melakukan charge baterai. Sebaiknya, matikan Hp selama proses charging. Biarpun ada panggilan dari luar, jangan hidupkan Hp. Apalagi, Anda menghidupkan Hp dan melakukan komunikasi dengan pihak luar. Jelas, baterai menerima beban berat dan Hp cepat panas atau boros.

6. HP digunakan main game berat. Sementara, spesifikasi Hp tidak untuk main game berat. Game dengan grafis yang tinggi dan penuh gerakan animasi akan cepat menguras daya baterai Hp. Apalagi mainnya sampai berjam-jam. Tentu baterai cepat panas atau cepat drop.

7. Jika baterai Hp Anda sudah cukup lama, ya ganti saja dengan baterai baru. Bisa jadi, baterai boros daya karena akibat usia pemakaian baterai. Tetapi, jika baterai masih tergolong sudah lemot, ya pasti ada yang tidak beres dengan pemakaian Hp. Ini yang sedang kita bahas.

8. Menggunakan banyak aplikasi antivirus. Ini juga bisa menyebabkan baterai cepat habis. Sebab, aplikasi antivirus selalu bekerja siang malam untuk mengatasi kemungkinan adanya vitus. Tetapi, hal itu bisa menguras daya baterai Anda.

Kini, saatnya Anda cek satu per satu untuk mengetahui dan memastikan penyebab mana yang membuat baterai Hp Anda cepat habis atau Hp cepat panas. Setelah Anda mengetahui kira-kira penyebab daya baterai Hp Anda cepat habis, kini waktunya untuk mengatasi.

Cara Mengatasi atau Memperbaiki Baterai Hp Cepat Habis

Dari membaca 8 penyebab daya baterai Hp cepat habis di atas, Anda sebenarnya sudah bisa menentukan apa penyebab dominan yang membuat baterai Hp Anda cepat habis.

Dari situ, Anda pun langsung bisa menentukan cara mengatasi atau memperbaiki baterai Hp yang cepat habis. Tetapi, untuk lebih mempercepat cara perbaikan yang harus Anda lakukan, di sini akan ditambahkan langkah-langkah praktis yang bisa atau perlu Anda lakukan. Anda pun bisa menghemat daya baterai Hp/smartphone.

1. Geser Tanda Pengaturan Kecerahan Layar

Pada settings display & brightness, Anda bisa menggeser tanda bola (bulat) atau sejenisnya untuk membuat kecerahan layar Hp tidak berlebihan yang bisa menguras daya baterai cepat habis. Aturan otomatis sesungguhnya sudah bisa membantu. Tetapi akan lebih efektif jika Anda mengatur sendiri secara manual sesuai dengan keinginan Anda biar daya baterai tidak cepat habis.

2. Perpendek Waktu Tampilan Hp Anda

Pada opsi screen timeout (display), Anda perlu memperpendek waktu nyala Hp setelah menerima ketukan dari Anda. Misalnya, 1 menit, 2 menit, 30 detik, dsb. Anda sebaiknya pilih 30 detik atau waktu singkat. 1 menit juga bisa. Tetapi, jangan 5 menit atau 10 menit. Bisa menguras daya baterai.

3. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi

Cara mematikan bluetooth sangat mudah. Buka menu sistem pada bagian kanan atas. Lihat logo (atau tulisan) Bluetooth untuk mematikan. Ya, pilih menu “matikan”. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan untuk Wi-Fi. Anda perlu mengaktifkan koneksi Wi-Fi saat memerlukan. Jika tidak perlu, matikan biar daya baterai Hp tahan lama (awet).

4. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi baterai cepat habis lainnya adalah menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Banyak aplikasi yang menyedot daya baterai cukup besar. Misalnya, aplikasi lokasi. Coba, pelajari cara menonaktifkan aplikasi tersebut dan juga cara mengaktifkan. Dengan mengetahui cara mengaktifkan dan mematikan, Anda bisa menghemat daya baterai Hp/smartphone yang cukup besar. Selain itu, juga bisa mengurangi beban kerja CPU.

5. Gunakan Nada Dering, Bukan Getar

Nada dering dan nada getar Hp tampaknya sama saja. Anda pilih nada getar yang lebih nyaman untuk didengar. Tetapi, nada getar sesungguhnya lebih banyak menyedot daya baterai karena getaran menggerakkan semua bagian Hp. Jika Anda tidak ingin terganggu, ya matikan semua dan Anda buka notifikasi sesering mungkin hingga bisa segera cek masukan dari luar. Ini akan menghemat daya baterai.


(video karya Sugeng Siswanto)

6. Aktifkan Fitur Hemat Baterai

Beberapa Hp atau smartphone sekarang dilengkapi dengan fitur hemat baterai. Ini adalah cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis dengan efektif. Anda bisa mengaturnya dengan mengaktifkan fitur itu dengan mudah. Dengan cara itu, Anda bisa menghemat daya baterai. Misalnya, di Hp Xiaomi Redmi, Andromax, dsb. Di atas adalah video untuk mengaktifkan fitur Hemat Daya Baterai di Xiaomi Redmi.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Penyebab Baterai Hp Cepat Habis dan Cara Mengatasinya. Ya, banyak jalan menuju roma, kata pepatah lama. Maksudnya, banyak cara mengatasi daya baterai Hp yang cepat habis. Anda bisa pilih cara yang tepat untuk menghemat daya baterai Hp/smartphone.

Ada cara-cara manual, melakukan pengaturan atas beberapa fitur dalam Hp/smartphone yang berkaitan dengan pemakaian baterai, menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak penting, mengatur cara penghematan baterai di Hp Anda, dsb.

Semoga Anda bisa mengoptimalkan pemakaian baterai Hp/smartphone Anda. Apa pun merek Hp Anda dan berapa pun besarnya daya baterainya. Biarpun baterai Hp besar, tetapi jika tidak dilakukan pengaturan secara baik, ya baterai Hp Anda tetap cepat drop.

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *