Cara Memilih Prosesor Laptop Terbaik – Intel, AMD atau Lainnya

Posted on

PROSESOR terbaik. Prosesor merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk laptop dan PC (komputer). Untuk itu, ketika membeli laptop atau PC, Anda harus mempertimbangkan juga prosesornya. Bukan hanya melihat tampilan, merek, dan harga.

Prosesor apa yang harus Anda pilih? Lalu, bagaimana dengan kapasitas dan tipe prosesor yang harus Anda pilih?

Prosesor adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai otak dari laptop/komputer. Tanpa prosesor, laptop/komputer tak mungkin bisa dijalankan (dioperasionalkan).

Oleh karena itu, prosesor sering dikatakan sebagai pusat pengendali jalannya komputer/laptop. Baik tidaknya komputer/laptop Anda ditentukan oleh kualitas prosesor yang tertanam di dalamnya. Prosesor berfungsi mengolah data dan menjalankan berbagai perintah dari penggunanya.

Jadi, ketika membeli laptop/komputer, Anda perlu memperhatikan prosesornya. Prosesor apa yang digunakan dalam komputer/laptop yang ingin Anda beli. Anda harus memastikannya sebelum memutuskan untuk membeli laptop/komputer yang Anda pilih. Berapa corenya?

Prosesor AMD Vs Intel, Mana yang Harus Anda Pilih?

prosesor laptop terbaik

(foto:andreasandrew28.blogspot.com)

Selama ini, prosesor AMD vs Intel terus bersaing ketat. Keduanya merupakan prosesor yang terkenal dan banyak konsumen yang memilihnya. Tetapi, apa perbedaan dari keduanya dan prosesor mana yang harus Anda pilih?

AMD Vs Intel, Apa Saja Kelebihan Prosesor Intel?

Dari segi performa, prosesor Intel adalah pilihan yang bagus. Banyak laptop gaming yang menggunakan prosesor Intel. Antara lain MSI GT 72 Dominator Pro, Dell Precision T7610, dan Palicomp Hydro-780.

Tetapi, jika Anda mengutamakan kecepatan, terutama untuk main game, prosesor AMD justru lebih unggul karena harga lebih murah. Kelemahan AMD adalah cepat panas.

Oleh karena itu, jika Anda tiap hari menggunakan laptop/komputer untuk waktu yang agak lama, berjam-jam misalnya, ya lebih baik menggunakan prosesor Intel. Ia lebih tahan panas.

Jika sebaliknya, Anda menggunakan laptop tiap harinya tidak terlalu lama, ya pakai prosesor AMD. Kinerjanya lebih cepat. Tetapi, untuk mengatasi biar laptop tidak cepat panas, bisa digunakan kipas angin atau pendingin cairan (water cooling system).

Kelebihan lain dari prosesor Intel adalah hemat baterai sampai 30%. Selain itu, Intel sudah mendukung grafis beresolusi 4K. Ini berarti kualitas grafisnya lebih baik. Anda pun akan puas dengan laptop/komputer yang ditenagai oleh prosesor Intel.

Baca Juga: 15 Laptop Gaming Terbaik Murah dengan Harga 3 Jutaan

Prosesor Intel terdiri dari Intel Core i3, Core i5, Core i7, dan banyak lagi tipe prosesor lainnya. Makin tinggi tipenya, tentu makin tinggi kinerjanya dan bisa memenuhi semua kebutuhan Anda dalam mengoperasikan laptop atau PC, terutama laptop gaming.

AMD Vs Intel, Apa Saja Kelebihan Prosesor AMD?

Seperti sudah disinggung, kelebihan prosesor AMD vs Intel adalah harga prosesor AMD lebih murah, meskipun kecepatannya tinggi.

Jadi, AMD sangat cocok bagi Anda yang punya dana terbatas untuk membeli laptop/komputer. Dengan memilih prosesor AMD, harga laptop/komputer lebih miring dibandingkan dengan produk sama tetapi menggunakan prosesor Intel.

Umumnya, harga prosesor Intel lebih mahal 70% dibandingkan dengan harga prosesor AMD.

Hanya saja, AMD lebih cocok untuk komputer dekstop. Posesor AMD lebih cepat panas ketika Anda menggunakan laptop untuk main game. Tetapi, beberapa produsen laptop ada yang mampu mengatasinya dengan menggunakan teknologi ice cooler seperti dilakukan pada laptop Asus.

Tipe prosesor AMD antara lain APU A Series, APU Z Series, Opteron, dan AMD FX. Prosesor APU Z Series merupakan prosesor yang biasa digunakan untuk tablet. Adapun prosesor AMD FX banyak digunakan untuk PC desktop.

Ya, itulah plus minus antara prosesor Intel dan AMD. Masing-masing prosesor mempunyai kelebihan dan kekurangan atau plus minus. Anda bebas memilih sesuai dengan fungsi laptop/komputer Anda dan dana yang tersedia.

Kecepatan Prosesor Juga Harus Diperhatikan

Selain besaran tipe prosesor, Anda juga perlu meneliti kecepatan prosesor (clock speed). Sama dengan tipe prosesor, makin tinggi kecepatan prosesor juga makin baik kinerja laptop/komputer Anda. Kecepatan prosesor ditandai dengan ukuran MHz atau GHz.

Misalnya, laptop game terbaik harus memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Laptop harus mempunyai prosesor dengan kecepatan (core speed) di atas 2 GHz seperti Intel core i5 atau core i7. Atau prosesor AMD A8 atau A10.

Baca Juga: 21 Laptop Harga 4 Jutaan dengan RAM 4 GB

Jadi, dalam memilih prosesor ini ada dua hal yang harus Anda perhatikan. Yakni, besarnya tipe danĀ  kecepatan prosesor. Sebenarnya masih ada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi kualitas laptop yang bisa Anda pilih.

Dengan kemajuan teknologi, masing-masing perusahaan akan selalu meningkatkan kualitas produknya sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Mungkin pada tahun-tahun mendatang akan kita dapatkan laptop dan komputer yang dilengkapi dengan prosesor yang lebih canggih lagi.

Demikian artikel mengenai Cara Memilih Prosesor Lapto Terbaik atau AMD vs Intel sehingga bisa didaparkan laptop yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda dalam menjalankan berbagai fungsi laptop/komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *